Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Prabowo Usulkan Djoko Santoso, Sandiaga Usulkan Rizal Ramli

Kamis 16 Agu 2018 09:22 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Muhammad Hafil

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Foto: Republika
Nama ketua tim pemenangan harus disetujui mitra koalisi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil presiden Sandiaga Uno menyampaikan, ada beberapa nama yang patut dijadikan sebagai ketua tim pemenangan pasangan calon Prabowo-Sandiaga. Salah satunya adalah mantan menko kemaritiman di era Presiden Joko Widodo, Rizal Ramli. Sandiaga beralasan, Rizal Ramli merupakan patriot sejati yang akan turut memperkuat ekonomi bangsa yang akan datang.

Kemudian, Rizal Ramli juga dianggap sebagai ekonom yang memiliki pandangan sama dengan isu pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga, yakni persoalan ekonomi. "Pak Rizal Ramli salah satu juga yang diusulkan. Dia juga patriot sejati, jadi kami perkuat platform ekonomi ke depan," kata Sandiaga, Rabu (16/8).

Meski demikian, Sandiaga menyatakan, usulannya ini nanti akan dibahas dengan partai-partai mitra koalisi. Karena, Sandiaga mengakui, Prabowo Subianto sebagai calon presidennya juga mengusulkan nama yang berbeda untuk dijadikan sebagai ketua tim pemenangan. Namun, semua usulan, baik dari dirinya maupun dari Prabowo, harus meminta persetujuan dari koalisi partai politik pendukung.

Baca juga: Tjahjo Nilai tak Etis Aher Jadi Cawagub DKI, Ini Respons PKS

"Pak Prabowo pun mengusulkan untuk dipertimbangkan oleh mitra koalisi. Karena, nama itu harus didiskusikan secara komprehensif dan harus disetujui oleh mitra koalisi," tuturnya.

Sebelummya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Eddy Prabowo mengakui bahwa Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso adalah kandidat yang diusulkan oleh Prabowo. Hanya saja, hal itu juga harus dibicarakan terlebih dulu dengan partai politik koalisi. Apalagi, tentunya, masing-masing partai koalisi juga memiliki pandangan yang berbeda mengenai ketua tim pemenangan.

"Jadi begini, nama Djoko Santoso itu belum final, belum diputuskan. Karena, masih harus dikomunikasikan lagi bersama-sama dengan partai koalisi. Tunggu saja, pasti nanti kami beritahu," ujar Edhy Prabowo menjelaskan.

Edhy juga optimistis petinggi-petinggi partai politik koalisi dapat bersepakat atau menyetujui Djoko Santoso sebagai ketua tim pemenangan. Selain itu, Edhy juga cukup percaya diri bahwa Sandiaga Uno setuju dengan usulan tersebut. Kemudian, petinggi partai koalisi juga dilibatkan dalam tim pemenangan. "Saya kira Pak Sandi juga setuju dengan Djoko Santoso," ucapnya. 

Baca juga: Bawaslu: Pemberi 'Mahar Politik' tidak Dikenakan Sanksi

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA