Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

PKB Harapkan Nomor 1 Jokowi, Berefek di Pileg

Sabtu 22 Sep 2018 02:59 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani

Relawan Jokowi-Ma'ruf meneriakkan yel-yel pasca KPU menetapkan pasangan yang mereka dukung mendapat nomor urut satu.

Relawan Jokowi-Ma'ruf meneriakkan yel-yel pasca KPU menetapkan pasangan yang mereka dukung mendapat nomor urut satu.

Foto: Republika/Dedy D Nasution
Kampanye PKB jauh lebih mudah, lebih gampang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding menyebut nomor urut 1 untuk Jokowi-Maruf Amin akan berimbas pada PKB di pemilu legislatif (pileg). Jokowi-Maruf Amin yang mendapat nomor urut 1 sama seperti PKB yang mendapat nomor parpol 1 di pileg.

Penyelenggaraan pemilu presiden (pilpres) yang serentak dengan pileg, menurut Karding, semakin menguntungkan bagi PKB.

"Alhamdulillah dengan nomor 1 ini, kampanye PKB jauh lebih mudah, lebih gampang. Mudah-mudahan ada berkahnya dari nomor satu ini, menyatukan dukungan PKB ke Pak Jokowi lebih mudah," kata Karding kepada wartawan, Jumat (21/9).

Walaupun ia menyadari pada penomoran paslon pilpres kali ini, KPU menambahkan angka nol di depan nomor urut parpol. Namun Karding tetap yakin efek Jokowi akan berimbas ke elektabilitas dan keterpilihan PKB di pilpres dan pileg yang serentak nanti.

Bla ada yang disebut Coat Tail Effect, yakni efek paslon (capres atau cawapres) yang juga kader parpol, pada elektabilitas partainya. Karding menyebut dengan Jokowi-Maruf Amin 01 dan PKB 1, ini adalah number effect.

"Ya jadi satu kali lagi untuk Pak Jokowi, satukan Indonesia untuk kemajuan Indonesia," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum RI telah menyelenggarakan proses pengundian nomor urut peserta Pemilu 2019, pada Jumat (21/9) malam. Pasangan Jokowi-Ma'ruf memperoleh nomor urut satu (01) sedangkan Prabowo-Sandiaga memperoleh nomor urut dua (02). Penambahan nol di depan nomor urut paslon agar masyarakat tidak bingung karena pilpres dan pileg akan dilakukan berbarengan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA