Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Komunitas Batak Bersatu Galang Dana Untuk Korban Gempa Palu

Senin 01 Okt 2018 09:11 WIB

Red: Muhammad Subarkah

Ketua Tim Sukses Jokowi-Maruf Erick Tohir

Ketua Tim Sukses Jokowi-Maruf Erick Tohir

Foto: rilis
Erik Tohir bersatu komunitas Batak Bersatu galang donasi korban gempa Palu-Donggala

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas Batak Bersatu berkomitmen kuat memberikan dukungan kepada capres dan cawapres Jokowi-Maruf dalam Pilpres 2019 mendatang. Dukungan itu disampaikan bersama ribuan massa dari komunitas Batak di Jakarta Minggu (30/9) malam.

Deklarasi dukungan juga dihadiri oleh Ketua Tim Sukses Jokowi-Maruf Erick Tohir dan anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Maruarar Sirait. Selai itu hadir juga sejumlah kepala daerah dari wilayah pinggiran Danau Toba seperti Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Bupati Taput Nikson Nababan, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Bupati Dairi Eddy Berutu.

Hadir juga puluhan tokoh-tokoh Batak di deklarasi yang dilangsungkan di Gedung Mulia, Jl Kebon Nanas No 70 Cipinang Besar Selatan, Jatinegera, Jakarta Timur itu. Mereka adalah anggota DPR RI Marsiaman Saragih, Kiyai asal Humbang Hasundutan Kiyai Marbun, Arya Sinulingga, mantan Ephorus HKBP SAE Nababan, pengacara kondang Junivert Girsang dan ribuan masyarakat Batak yang ada di Jakarta.

Sementara Erick Tohir mengaku sangat terharu bisa hadir di acara deklarasi komunitas Batak untuk Jokowi-Maruf itu.  “Ini luar biasa. Saya terharu dan bangga karena bisa hadir di sini,” kata Erick semalam (30/9).

Menurut Erick, bangsa Batak adalah bangsa besar dan dukungan kepada Jokowi-Maruf akan sangat penting. Bangsa Batak juga dikatakan Erick  sejak dulu turut berjuang menjaga Pancasila dan NKRI.

Deklarasi dukungan kepada Jokowi-Maruf itu juga dilakukan untuk mengumpulkan donasi untuk korban gempa bumi/tsunami di Palu dan Donggala. Donasi yang terkumpul dari hadirin yang hadir mencapai sekitar Rp 126 juta.

“Donasi ini akan disalurkan ke saudara-saudara kita di Palu dan Donggala melalui Palang Merah Indonesia (PMI). Secepatnya akan dikirimkan,” ujar Ketua Panitia Deklarasi Rolas Sitinjak.

Di hadapan para hadirin, Maruarar yang biasa disapa bang Ara itu meminta komunitas Batak bersatu mendukung Jokowi-Maruf. Para kepala daerah di akwasan Danau Toba juga menyampaikan testimoni bagaimana pembangunan begitu pesat di daerah itu.

“Ini sungguh luar biasa. Jokowi begitu mencintai Indonesia, mencintai dan tidak membeda-bedakan. Dia tidak hanya membangun pulau Jawa, dia membangun Papua, Kalimantan, dan kampung kita, tanah Batak. Jadi bagaimana ribuan orang Batak hadir dan menunjukkan cinta dan dukungannya,” ujar Ara.

Ketua UmumTaruna Merah Putih itu juga mengatakan, Jokowi adalah berkah bagi Indonesia. “Dia sangat Pancasilais, dia bukan hanya membangun infrastruktur.###

sumber : Rilis
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA