Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Janji tak Beri Bocoran, Panelis Debat Teken Pakta Integritas

Sabtu 09 Feb 2019 21:00 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Ketua KPU Arief Budiman (kedua kanan) bersama Komisioner KPU Hasyim Asy`ari (kanan) menyaksikan penandatanganan Pakta Integritas Panelis pada Debat Kedua Calon Presiden (Capres) Pemilu 2019 yang dilakukan oleh ketujuh panelis, di Jakarta, Sabtu (9/2/2019).

Ketua KPU Arief Budiman (kedua kanan) bersama Komisioner KPU Hasyim Asy`ari (kanan) menyaksikan penandatanganan Pakta Integritas Panelis pada Debat Kedua Calon Presiden (Capres) Pemilu 2019 yang dilakukan oleh ketujuh panelis, di Jakarta, Sabtu (9/2/2019).

Foto: Antara/Aprillio Akbar
Moderator debat capres juga telah menandatangani pakta integritas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para panelis dan moderator debat calon presiden sesi kedua menandatangani pakta integritas. Pakta itu diteken sebagai bentuk tanggung jawab tidak membocorkan soal-soal yang akan diajukan dalam debat tersebut.

Tujuh panelis dan dua moderator menandatangani pakta integritas tersebut di Jakarta, Sabtu, disaksikan langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman. Rapat dan grup diskusi para panelis guna membahas materi debat kedua dan merumuskan pertanyaan digelar sejak Jumat (8/2) hingga Ahad (10/2) di Jakarta, Sabtu.

Terdapat tujuh panelis dalam debat kedua yaitu Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana, Rektor IPB Dr Arif Satria, Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati, Ahli Pertambangan ITB Prof Irwandy Arif, Pakar Energi Ahmad Agustiawan, Pakar Lingkungan Undip Sudharto P Hadi serta Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria Dewi Kartika. Sebelumnya, pakar hukum lingkungan Universitas Airlangga, Suparto Wijoyo mengundurkan diri sebagai panelis.

Sementara dua orang yang ditunjuk KPU sebagai moderator adalah Tommy Tjokro dan Anisa Dashuki.

Baca Juga

photo
Ketua KPU Arief Budiman (kiri) bersama Komisioner KPU Hasyim Asy`ari (kanan), berfoto dengan moderator debat Tommy Tjokro (kedua kanan) dan Anisha Dasuki (kedua kiri) yang menunjukan naskah Pakta Integritas Moderator pada Debat Kedua Calon Presiden (Capres) Pemilu 2019, di Jakarta, Sabtu (9/2/2019).

Ketua KPU Arief Budiman meyakini bahwa para panelis dan moderator merupakan pribadi-pribadi yang profesional, kredibel dan memiliki integritas. Penandatanganan pakta integritas guna semakin meneguhkan keyakinan tersebut kepada publik.

"Saya yakin mereka tidak akan menggadaikan kredibilitasnya, integritasnya untuk membocorkan," katanya.

Arief menegaskan tuntutan agar soal-soal tidak lagi diberikan kisi-kisinya merupakan salah satu tuntutan publik guna meningkatkan mutu debat kedua.

Sementara itu, para panelis dalam merumuskan pertanyaan dilakukan secara tertutup. Bahkan untuk mengetik pertanyaanpun dengan menggunakan komputer salah satu panelis, guna menjaga kerahasiaannya.

Rumusan pertanyaan ditargetkan selesai Ahad (10/2). Finalisasi akan dilangsungkan pada Jumat mendatang.

"Penjelasan kepada moderator terkait materi pertanyaan baru akan dilaksanakan Jumat atau Sabtu depan, kata Arief.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA