Jumat, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Jumat, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Detik-Detik Jelang Debat, Jokowi Yakin Kuasai Tema

Ahad 17 Feb 2019 19:54 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah

Capres nomor urut 01, Jokowi, bersiap menuju lokasi debat putaran kedua. Jokowi hadiri debat ditemani sang istri, Iriana, dan menantunya, Bobby Nasution.

Capres nomor urut 01, Jokowi, bersiap menuju lokasi debat putaran kedua. Jokowi hadiri debat ditemani sang istri, Iriana, dan menantunya, Bobby Nasution.

Foto: Republika/Sapto Andiko Condro
Jokowi sebut tema debat malam ini berkaitan erat dengan kinerjanya selama 4,5 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), mengaku optimistis menguasai tema debat malam ini yakni 'pangan, energi, lingkungan hidup, dan infrastruktur'. Sebelum berangkat ke lokasi debat, Jokowi sempat menemui awak media dan menyampaikan bahwa tema debat malam ini berkaitan erat dengan kinerjanya selama 4,5 tahun menjabat sebagai presiden.

"Ini kan sudah kita kerjakan sehari-hari. Memang sudah menjadi tugas kita baik di bidang energi, infrastruktur, pangan, lingkungan hidup. Tinggal diceritakan saja, apa yang sudah kita lakukan dan apa ke depan visi yang ingin kita kerjakan," jelas Jokowi di Istana Merdeka didampingi istri, putri, menantu, dan cucunya, Ahad (17/2).

Baca Juga

Meski yakin dengan seluruh sektor yang akan dibahas malam ini, Jokowi mengatakan akan menonjolkan dua isu yakni infrastruktur dan energi. Selain itu, Jokowi juga akan menyinggung soal reforma agraria yang ia lakukan selama beberapa tahun belakangan, termasuk soal pembagian sertifikat lahan yang mencapai angka 7 juta sertifikat di tahun 2018 lalu.

"Kita singgung kalau konsesi (lahan) itu diberikan kepada rakyat dalam jangka 35 tahun. Juga pemberian sertifikat dalam rangka memberikan kepastian hukum pada tanah yang dimiliki oleh rakyat," katanya.

Dalam debat malam ini, Jokowi mengaku ingin membawa suasana dengan santai. Meski begitu, Jokowi mengaku tetap fleksibel dengan alur suasana debat yang akan terbangun nanti. Ia sendiri merasa debat malam ini yang tanpa kisi-kisi akan lebih berkualitas.

Jokowi dijadwalkan mengikuti debat putaran kedua dalam rangka pemilihan presiden (pilpres) pada malam ini. Debat dengan tema 'pangan, energi, lingkungan hidup, dan infrastruktur' ini akan digelar di Hotel Sultan Jakarta. Bersama Jokowi, capres nomor urut 02, Prabowo Subianto juga akan hadir di atas panggung yang sama.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA