Thursday, 17 Syawwal 1440 / 20 June 2019

Thursday, 17 Syawwal 1440 / 20 June 2019

Perindo Bersyukur Elektabilitasnya Capai 3,5 Persen

Senin 11 Mar 2019 18:16 WIB

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Ratna Puspita

Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq usai menjalani pemanggilan Bawaslu,  di Kantor Bawaslu,  Thamrin,  Jakarta Pusat,  Senin (12/3). Pihak Bawaslu melalukan klarifikasi kepada Perindo terkait iklan kampanye partai tersebut yang dianggap mencuri start.

Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq usai menjalani pemanggilan Bawaslu, di Kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (12/3). Pihak Bawaslu melalukan klarifikasi kepada Perindo terkait iklan kampanye partai tersebut yang dianggap mencuri start.

Foto: Republika/Dian Erika Nugraheny
Perindo mengatakan ambang batas parlemen sebesar empat persen bukan hal sulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Perindo Ahmad Rofiq merespons positif dan bersyukur atas hasil survei yang dilakukan oleh Voxpol Center Research and Consulting. Sebagai partai baru, menurut dia, elektabilitas sebesar 3,5 sudah cukup bagus.

Rofiq mengatakan dengan tingkat keterpilihan tersebut, ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen bukanlah hal yang sulit. "Syukur alhamdulillah elektabilitas Partai Perindo dalam survei tersebut telah mencapai 3,5 persen. Kalau hanya untuk memenuhi PT empat persen bukan sesuatu yg sulit," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (11/3).

Baca Juga

Meskipun partai baru, ia mengatakan, partai perindo optimistis akan melenggang ke Senayan. Apalagi, ia menyebutkan, Partai Perindo menargetkan 60-70 kursi di DPR.

Wakil Tim Kampaye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin itu menerangkan partainya akan mengupayakan segala cara pemenangan agar dapat mencapai persentase di atas 10 persen. Dia mengatakan akan memaksimalkan semua potensi kader yang ada untuk mencapai target. 

"Saya percaya dengan kekuatan struktur, caleg dan program yang telah dimiliki oleh perindo, kami akan mampu mencapai target," tuturnya.

Voxpol merilis hasil survei terkait elektabilitas partai di Pemilu 2019 pada Senin (11/3). Berdasarkan hasil survei, tidak ada satupun partai baru yang akan lolos ke Parlemen.

Berdasarkan survei itu, Partai Perindo menjadi partai baru yang punya peluang dengan angka elektabilitas sebesar 3,5 persen. Sementara Partai Berkarya hanya sebesar 0,7 persen, PSI sebasar 0,5 persen dan Partai Garuda yang berada di peringatan paling bawah dengan perolehan sebesar 0,3 persen.

Selain itu, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan dari 16 parpol peserta pemilu, hanya sembilan parpol yang berpotensi melewati ambang batas parlemen sebesar 4 persen. Sembilan partai tersebut adalah PDI Perjuangan memperoleh elektabilitas tertinggi yakni 26,5 persen.

Partai Gerindra menempati posisi kedua dengan tingkat elektabilitas sebesar 14,2 persen, Partai Golkar berada pada posisi ketiga dengan perolehan elektabilitas sebesar 10,6 persen. Kemudian posisi empat besar yaitu PKB sebesar 8,4 persen. Disusul Partai Demokrat 6,7 persen. Sedangkan, Partai Nasdem sebesar 5,5 persen, PKS 4,9 persen, PAN 4,5 persen, terakhir PPP dengan elektabilitas sebesar 4,1 persen.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA