Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

KPU Minta Panelis Buat 20 Soal untuk Debat Cawapres

Rabu 13 Mar 2019 19:15 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Muhammad Hafil

Debat capres-cawapres (Ilustrasi).

Debat capres-cawapres (Ilustrasi).

Foto: Dok Republika.co.id
Ada sembilan orang yang ditunjuk KPU menjadi cawapres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan pihaknya meminta para panelis membuat sekitar 20 soal untuk debat cawapres mendatang. Seluruh soal yang telah dibuat harus diserahkan menjelang pelaksanaan debat cawapres pada Ahad (17/3).

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, ada empat tema yang menjadi inti pembahasan dalam debat cawapres, yakni pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan sosial-kebudayaan. Menurut Arief, pihaknya meminta ada lima soal yang dibuat untuk setiap tema.

"Saya minta kepada panelis untuk membuat lima pertanyaan untuk setiap tema," ujar Arief kepada wartawan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (13/3).

Dia melanjutkan, jika semua soal sudah selesai, KPU tidak ingin segera diserahkan kepada mereka. Penyerahan soal diminta dilakukan menjelang pelaksanaan debat atau H-1 pelaksanaan debat cawapres.

Tujuannya, supaya menghindari kecurigaan KPU atau panelis melakukan kecurangan. "Nanti ada jeda waktu sekian hari dikira kami ada apa-apa, nanti membocorkan sana sini. Kami tidak mau begitu. Maka diserahkan nanti jelang hari pelaksanaan debat," tegasnya.

Soal untuk debat ketiga ini akan disusun oleh 9 orang panelis, yakni Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu, Pegiat Budaya yang merupakan mantan rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Chairil Effendy MS, Rektor Universitas Syiah Kuala Aceh Samsul Rizal, Rektor UIN Sunan Kalijaga KH Yudian Wahyudi, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Subhilhar, Budayawan Radhar Panca Dahana, Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah, Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia David S Perdanakusuma dan Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama.

Untuk menjamin kerahasiaan soal debat, maka hari ini para panelis akan melakukan penandatangan pakta integritas. Dengan pakta integritas ini, para panelis berkomitmen untuk menjaga integritas dan independensi dalam menyusun soal termasuk tidak membocorkan soal debat. Dua orang moderator debat yakni Putri Ayuningtyas dan Alfito Deannova juga ikut mendatangani pakta integritas pada Rabu siang.

Sebagaimana diketahui, debat ketiga pilpres akan diselenggarakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat. Debat tersebut akan mempertemukan cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno. Debat nantinya akan akan disiarkan oleh Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA