Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

KPU: Persiapan Debat Cawapres Sudah 90 Persen

Sabtu 16 Mar 2019 02:00 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Muhammad Hafil

Debat capres-cawapres (Ilustrasi).

Debat capres-cawapres (Ilustrasi).

Foto: Dok Republika.co.id
Pada Sabtu (16/3), KPU akan menggelar geladi bersih debat pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan persiapan pelaksanaan debat calon wakil presiden (cawapres) sudah mencapai 90 persen. KPU juga meminta seluruh soal untuk debat bisa segera terselesaikan.

"Persiapan debat sudah 90 persen. Tetapi secara umum semua hal sudah kami persiapkan," ujar Arief kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/3).

Arief melanjutkan, sembilan panelis debat cawapres saat ini sedang menyelesaikan seluruh soal yang akan digunakan pada Ahad (17/3). KPU meminta soal-soal nantinya diserahkan pada Ahad.

"Untuk menghindari dugaan ada ini, itu. Sehingga kami tidak akan meminta untuk disampaikan pada Sabtu. Soalnya disampaikan pada Ahad saja," tegas Arief.

Lebih lanjut, Arief menjelaskan bahwa persiapan keamanan, lokasi debat dan media penyelenggara debat cawapres pun sudah hampir tuntas. Pada Sabtu (16/3), KPU akan menggelar geladi bersih pertama.

"Sekaligus besok kami akan melakukan finalisasi pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan kepada kandidat cawapres. Kemudian pada Ahad (17/3), KPU akan stanby di lokasi debat (Hotel Sultan) untuk melihat perkembangannya, termasuk melakukan geladi bersih terakhir," papar Arief.

Sementara itu, Ahad sore lokasi debat sudah dipastikan akan steril. Menurut Arief, KPU mempercayakan pengamanan lokasi debat cawapres kepada Polri dan TNI.

"Kami percayakan sepenuhnya strateginya, jumlahnya, waktunya, caranya kami percayakan pada aparat keamanan," tambahnya.

Debat cawapres akan diselenggarakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat. Debat nanti akan membahas tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial-kebudayaan.

Debat tersebut akan mempertemukan cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno. Debat ketiga ini akan disiarkan mulai pukul 20.00 WIB oleh Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV. 

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA