Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Pengamat Ini Duga Ada Sesuatu di Balik Erwin Dukung Prabowo

Jumat 22 Mar 2019 04:07 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Teguh Firmansyah

Erwin Aksa

Erwin Aksa

Foto: Republika
Emrus menilai dukungan Erwin tak akan terlalu banyak berpengaruh ke elektabilitas 01.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Emrus Corner Emrus Sihombing menilai dukungan politikus Golkar Erwin Aksa kepada pasangan calon nomor urut 02 tak berpengaruh pada elektabilitas. Menurut Emrus, keponakan Wakil Presiden Jusuf Kalla tersebut tidak memiliki basis massa yang banyak dan kuat.

"Kalau basisnya tidak terlalu banyak, tidak berpengaruh," ujar Emrus, dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Rabu (20/3).

Emrus justru menilai apa yang dilakukan Erwin Aksa sebagai sebuah pragmatisme politik. Sebab, keputusan putra pengusaha dan politikus senior Partai Golkar Aksa Mahmud tersebut berbeda dengan keputusan resmi partai berlambang beringin. Ia menduga ada sesuatu yang lebih menarik dari berpindahnya dukungan Erwin.

"Tindakan berpindah dukungan dalam ilmu politik bahwa itu pasti tidak ada ‘makan siang yang gratis’. Bisa saja di tempat tertentu itu ketika dia berpindah mendapat  yang enak," ujarnya.

Menurut Emrus, tindakan politikus berbeda dukungan dengan partai harus dihentikan. Jika perpindahan yang disasar adalah pemilih mengambang, ia mengaku tidak akan optimal di sisa masa waktu yang semakin sempit.

"Kalau kita pakai teori spiral of silence, biasanya mereka yang belum mengambil keputusan akan mengikuti ke mana mayoritas masyarakat memilih," ujar Emrus.

Sebelumnya, pada Selasa (20/3) kemarin, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto secara resmi memberhentikan Erwin Aksa dari kepengurusan DPP Partai Golkar sebagai Ketua Bidang Koperasi dan UKM. Keputusan itu berkaitan dengan sikap Erwin yang mendukung pasangan Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019.

Erwin sendiri menyatakan dukungannya pada Prabowo-Sandi sebagai pilihan pribadi. Ia mengklaim tak pernah menggunakan atribut Partai Golkar saat mendukung pasangan calon nomor urut 02 itu. Erwin beralasan dukungannya kepada paslon 02 lebih didasari rasa persahabatan dengan cawapres 02 Sandiaga Uno.

"Terkait pilihan saya untuk calon presiden dan calon wakil presiden 2019-2024, perlu saya sampaikan bahwa memang betul saya mendukung pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandi," ujar Erwin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA