Friday, 21 Sya'ban 1440 / 26 April 2019

Friday, 21 Sya'ban 1440 / 26 April 2019

Kampanye di Aceh, Jokowi Janji Perpanjang Program Dana Otsus

Selasa 26 Mar 2019 16:57 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Andri Saubani

Calon Presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo berpidato saat kampanye terbuka di Lhokseumawe, Aceh, Selasa (26/3/2019).

Calon Presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo berpidato saat kampanye terbuka di Lhokseumawe, Aceh, Selasa (26/3/2019).

Foto: Antara/Rahmad
Dana otsus untuk mempercepat pembangunan di Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan memperpanjang dana otonomi khsusus (otsus) bagi Daerah Istimewa Aceh. Dia mengatakan, hal itu dilakukan untuk mempercepat pembangunan di provinsi ujung Pulau Sumatra tersebut.

"Dengan demikian, Aceh akan menjadi simbol kemajuan di Indonesia bagian barat," kata Jokowi di Lhoksumawe, Aceh, Selasa (26/3).

Baca Juga

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat melakukan kampanye terbuka di Hotel Lido Graha, Lhoksumawe. Jokowi ditemani ibu negara Iriana dan juga Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir dalam kegiatan tersebut.

Jokowi mengatakan, pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh, yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra menjadi urat nadi bagi Aceh. Dia mengatakan, akses itu membuka potensi komoditas, ekonomi rakyat, dan sumber daya alam bisa dinikmati rakyat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Aceh.

"Saya ingin Aceh juga ikut menjadi bagian untuk mewujudkan fondasi menuju Indonesia maju," kata Jokowi.

Dalam kampanye selama 25 menit ini, mantan gubernur DKI Jakarta itu menerangkan banyak hal. Mulai dari permintaan agar warga Aceh tidak percaya dengan berita bohong atau hoaks, rencana pembangunan infrastruktur di Aceh, hingga menjelaskan tiga kartu yang siap diluncurkan, yakni Kartu Sembako, Kartu Indonesia Pintar untuk kuliah, dan Kartu Pra-Kerja akan menjadi sarana untuk mewujudkan Aceh yang maju.

Sebabnya, dia mengatakan, pemerintahan Jokowi-Maruf akan membangun sumber daya manusia di Aceh melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pendidikan, dan lapangan pekerjaan selain infrastruktur. Dia optimistis dengan perhatian maksimal yang diberikan pemerintah maka kemajuan di Aceh akan dirasakan semua rakyat.

Sebelumnya, kedatangan Jokowi disambut masyarakat yang menyemut di jalan-jalan yang dilalui. Ketika tiba di lokasi acara, Jokowi dan rombongan disambut tim kesenian Rapa’I. Kesempatan itu juga dimanfaatkan masyarakat dan ulama Aceh untuk menyalami serta berswafoto bersama capres 01.

Usai pertemuan itu dengan masyarakat, ulama dan tokoh partai pendukung berakhir, Jokowi dan istri, beserta rombongan menuju Bandara Malikussaleh untuk terbang melanjutkan kampanye di Dumai, Riau. Dalam perjalan menuju bandara, Jokowi dan rombongan menyempatkan singgah untuk makan siang di warung bamboo, jalan Medan-Banda Aceh, Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA