Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Ribuan Surat Suara di KPU Karawang Rusak

Kamis 04 Apr 2019 01:00 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Pekerja memasukkan surat suara ke dalam amplop saat pengepakan surat suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tegal, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2019).

Pekerja memasukkan surat suara ke dalam amplop saat pengepakan surat suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tegal, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2019).

Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Surat suara yang rusak itu surat suara pilres, DPD RI, DPR RI, DPRD Jabar.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan terdapat 4.474 lembar surat suara untuk Pemilihan Umum 2019 dalam kondisi rusak. "Sesuai dengan penyortiran, ada 4.474 lembar surat suara yang rusak," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang Mfftah Farid di Karawang, Rabu (3/4).

Baca Juga

Ia mengatakan, ribuan surat surat yang rusak itu merupakan surat suara untuk pemihan presiden, surat suara DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Barat dan surat suara kabupaten. Jenis kerusakan surat suara itu di antaranya gradasi warna yang tidak jelas, terdapat ceceran tinta, serta adanya robekan kecil pada surat suara.

Dia mengatakan, kerusakan surat suara tersebut diakibatkan oleh tinta yang meluber, robek, terdapat noda atau titik dalam surat suara akibat percikan tinta dan perubahan warna pada logo partai. Kerusakan surat suara untuk Pemilu itu diketahui setelah dilakukan proses sortir dan lipat.

Miftah mengatakan, selama ini kegiatan sortir dan lipat surat suara digelar di setiap kecamatan sekitar Karawang. Penyortiran dikawal ketat aparat kepolisian dan Badan Pengawas Pemilu Karawang. Menurut dia, ditemukannya ribuan surat suara yang rusak itu sudah dilaporkan ke KPU pusat untuk segara dilakukan pengantian.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA