Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Wiranto: 74 Ribu Orang Masuk ke Indonesia Jelang Pencoblosan

Senin 15 Apr 2019 14:28 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah

Wiranto

Wiranto

Foto: Republika/ Yasin Habibi
Jumlah yang masuk ke Indonesia dibanding yang ke luar negeri lebih banyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengungkapkan ada 74 ribu Warga Negeri Indonesia (WNI) dari luar negeri masuk ke wilayah Indonesia tertanggal Senin, (15/4). Wiranto menyampaikan para WNI itu bakal menggunakan hak pilihnya dalam pemilu serentak 2019.

"Total sekitar 70 ribu keluar (negeri), masuk (Indonesia) 74 ribu. Artinya banyak masyarakat sangat antusias untuk berikan hak suara dalam pencoblosan," katanya dalam konferensi pers di kantor Kemenkopolhukam pada Senin, (15/4).

Baca Juga

Pernyataannya sekaligus menampik isu hoaks soal eksodus WNI jelang pemilu ini. Ia membantah informasi itu karena dari data, justru lebih banyak WNI yang kembali dari luar negeri ketimbang keluar negeri.

"Yang kita khawatirkan eksodus keluar negeri dengan isu hoaks ada ancaman chaos, rusuh sehingga buat takut ternyata setelah diteliti dan penjelasan akurat maka dari laporan tidak terjadi eksodus," ujarnya.

Ia menyatakan kondisi Indonesia dalam keadaan stabil hingga WNI tak perlu pergi keluar negeri. "Bisa dijaga keamanannya. Harapan masyarakat jangan ragu datang ke TPS tepat waktu," tambahnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA