Sabtu, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Sabtu, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

KPU Ingatkan Pemilih tak Bawa Gadget di Bilik Suara

Senin 15 Apr 2019 15:07 WIB

Red: Ratna Puspita

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Viryan Azis.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Viryan Azis.

Foto: Republika/Mimi Kartika
Praktik mengunggah proses pencoblosan di bilik suara mencederai hak pemilih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum RI mengingatkan pemilih untuk tidak membawa gawai atau peranti untuk merekam proses pencoblosan surat suara ke dalam bilik suara saat menggunakan hak pilih di TPS. "Bawa gadget (gawai) nggak boleh," kata Komisioner KPU RI Viryan Azis di Jakarta, Senin (15/4).

Baca Juga

Viryan menyampaikan, praktik mengunggah proses pencoblosan di bilik suara mencederai hak pemilih itu sendiri karena pemilihan bersifat rahasia. Namun dalam praktiknya, masih ada pemilih di luar negeri yang kedapatan mengunggah foto pencoblosan di dalam bilik suara, melalui media sosial.

Dia mengatakan sebagaimana dapat disaksikan melalui beragam video, bahwa pemilih di luar negeri jumlahnya dapat mencapai ribuan orang di satu TPS. Sehingga, kata dia, kemungkinan ada pemilih yang terlewat atau tidak terdeteksi membawa gawai ke bilik suara dan mengunggahnya melalui medsos.

"Kondisi di luar negeri kan banyak sekali antreannya, ribuan. Mungkin ada yang terlewati oleh jajaran kami. Itu menunjukkan kualitas pemilih tersebut," ucap Viryan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA