Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Polri Imbau tak Ada Pengerahan Massa dan Konvoi saat Pemilu

Selasa 16 Apr 2019 17:16 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Muhammad Hafil

Kabiro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo

Kabiro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo

Foto: Arif Satrio Nugroho/Republika
Pengumpulan massa di hari pencoblosan mengundang risiko tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian menginstruksikan tindakan tegas dari aparat kepolisian terkait pengamanan Pemilu 2019. Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, dua instruksikan tersebut kepada pihak-pihak yang melakukan aksi pengumpulan massa saat hari pencoblosan, Rabu (17/4).

Kata Dedi, tindakan tegas juga akan dilakukan aparat keamanan bagi pihak-pihak yang menggelar konvoi pemenangan. “Himbauan Kapolri itu untuk menghindari aksi provokasi dan konflik di masyarakat,” kata dia kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (16/4). Menurut Polri, kata Dedi, mengumpulan massa saat hari pencoblosan mengundang risiko tinggi bagi keamanan dan ketertiban.

Begitu juga aksi konvoi dan pawai kemenangan yang berpotensi memicu penolakan dari pihak-pihak yang kalah. Dedi mengimbau agar masyarakat dan pemilih, tetap tertib dan melampiaskan kegembiraan dalam pemilu lewat cara-cara yang tertib serta santun, dan memerhatikan etika bermasyarakat. “Kita (Kepolisian) ini mengimbau agar pemilu tetap damai meski berbeda-beda pilihannya,” ujar dia.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA