Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Sejumlah TPS Sudah Lakukan Pemungutan Suara Susulan

Jumat 19 Apr 2019 15:45 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Esthi Maharani

Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi

Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi

Foto: Republika/Dian Erika Nugraheny
beberapa daerah sudah melakukan pemungutan suara susulan pada Kamis (18/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah daerah di Indonesia masih belum melakukan pemungutan suara untuk Pemilu 2019. Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan beberapa daerah sudah melakukan pemungutan suara susulan pada Kamis (18/4).

"Sudah kita pastikan bahwa 391 TPS di Banggai, Sulawesi Tengah sudah melakukan pemungutan suara kemarin. Kemudian 24 TPS di Kota Jambi sudah dilaksanakan kemarin juga," kata Pramono di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (19/4).

Selain itu, 113 TPS di Nias Selatan akan dilaksanakan pemungutan suara pada hari Sabtu (20/4) karena pada Jumat (18/4) banyak masyarakat yang merayakan Jumat Agung. Ia menambahkan, untuk beberapa wilayah di Papua seperti Jayapura sudah dilakukan pemungutan suara ulang.

Terkait wilayah di Papua lainnya, saat ini, KPU masih menunggu informasi untuk pemungutan suara di Tolikara dan Lanny Jaya. Hal serupa juga terjadi di Kalimantan Timur di beberapa wilayah. "Itu sifatnya susulan juga dipastikan apakah bisa dilaksanakan besok," kata Pramono.

Hingga saat ini, data yang masuk ke KPU masih berada di 2,22 persen terhitung pada Jumat (19/4) pukul 14.30 WIB pada sistem informasi penghitungan suara (Situng) KPU. Berdasarkan data tersebut, calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin memimpin dengan persentase perolehan suara 55,29 persen. Sementara itu calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno persentase perolehan suara 44,71 persen.

Sementara itu, untuk pemilu legislatif, persentase peroleh suara yang dihimpun KPU masih berada pada 1,03 persen. Berdasarkan data sementara tersebut, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih memimpin dengan perolehan suara di atas 21,17 persen. Sementara itu, Partai Golkar menempati urutan kedua dengan perentase di atas 13,55 persen dan Partai Gerindra berada di urutan ketiga dengan persentase 10,92 persen.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA