Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Jatuh dari Jurang Gunung Sindoro, Aulia Selamat

Ahad 21 Apr 2019 07:31 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Gunung Sindoro di Temanggung, Jawa Tengah.

Gunung Sindoro di Temanggung, Jawa Tengah.

Foto: Antar/aAnis Efizudin
Aulia jatuh ke dalam jurang saat perjalanan turun dari puncak Sindoro.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Aulia Dhia (16 tahun), seorang pendaki gunung Sindoro yang mengalami musibah di jurang Alang Alang Sewu, wilayah Kecamatan Kretek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah telah dievakuasi dalam kondisi selamat.

Sebelumnya, pendaki yang berasal dari Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta ini dilaporkan terjatuh ke dalam jurang dalam perjalanan turun dari puncak Sindoro.

Proses evakuasi yang dilakukan tim SAR gabungan di bawah koordinasi Basarnas Jawa Tengah berjalan hingga larut malam, karena sulitnya medan yang harus ditempuh menuju lokasi korban terjatuh.

Kepala Basarnas Jawa Tengah Aris Sofingi mengatakan, korban yang melakukan pendakian pada Jumat (19/4) sedianya sudah dalam perjalanan turun menuju Pos IV atau basecamp Alang Alang Sewu.

Saat perjalanan menuju Pos IV, jalur Alang Alang Sewu inilah, Aulia mengalami musibah terjatuh ke dalam jurang, pada Sabtu (20/4) sekitar pukul 15.30 WIB.

Akibatnya korban mengalami cedera serius dan harus segera dievakuasi untuk mendapatkan pertolongan medis. "Survivor ini mengalami patah tulang belakang dan butuh evakuasi," ungkap Aris, dalam keterangan persnya, Ahad (21/4).

Setelah menerima informasi perihal musibah yang dialami seorang pendaki gunung Sindoro tersebut, lanjut Aris, Basarnas Jawa Tengah segera berkoordinasi dengan Basarnas Unit Siaga Wonosobo. "Selanjutnya segera menyusun tim SAR gabungan dan mulai melaksanakan proses evakuasi dan bergerak menuju Pos IV, Sabtu pukul 16.40 WIB," tambahnya.

Koordinator Basarnas Unit Siaga Wonosobo, Heri Sunandar menambahkan, tim SAR gabungan yang terdiri atas potensi SAR Polsek, Koramil, Base Camp Alang Alang Sewu dan Pajero tiba di Pos IV sekitar pukul 20.30 WIB.

Proses evakuasi pertolongan mengalami kendala medan, karena baik jalur pendakian maupun lokasi survivor berada merupakan jurang yang cukup curam dan jalur pendakian cukup gelap.

Setidaknya butuh waktu kurang lebih 3 jam dari pos 4 menuju Base Camp Alang alang Sewu. "Namun tim SAR gabungan akhirnya bisa mencapai lokasi survivor berada untuk memberikan pertolongan pertama dan melakukan evakuasi," jelasnya.

Saat ini proses evakusi sudah selesai korban telah berhasil dibawa dengan selamat sampai Base Camp Alang alang Sewu. "Selanjutnya survivor di bawa ke RS PKU Muhammadiyah Wonosobo Kertek untuk penanganan medis lebih lanjut guna menangani cedera yang dialami," tegas Heri.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA