Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Gerindra Setuju Sistem Pemilu Dievaluasi Total

Jumat 26 Apr 2019 00:02 WIB

Red: Andri Saubani

Anggota BPN, Ahmad Riza Patria

Anggota BPN, Ahmad Riza Patria

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Pemilu serentak telah mengkibatkan banyak jatuh korban meninggal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan, partainya setuju dilakukannya evaluasi total sistem pemilu. Khususnya, pelaksanaan Pemilu 2019 yang berjalan serentak dan ditemukan banyak permasalahan.

"Jadi kita harus lakukan evaluasi total. Nanti kita akan buat formatnya agar tetap efisien meskipun dilakukan dalam tahapan yang berbeda," kata Riza Patria di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Kamis (25/4) malam.

Baca Juga

Dia mengatakan, sebenarnya dasar pemikiran pileg dan pilpres dibuat serentak memilik maksud yang baik yaitu menghemat waktu, energi, biaya, dan mengurangi kegaduhan. Namun menurut dia, pada kenyataannya pemilu malah tambah gaduh, biaya tidak murah bahkan menimbulkan korban jiwa penyelenggara pemilu karena beban kerja yang berat.

Riza mengakui, banyak masukan dan keinginan pimpinan partai politik, MPR, DPR agar ke depan pileg dan pilpres tidak dibuat serentak. "Nanti kita akan lakukan evaluasi di Komisi II DPR bersama pemerintah, KPU, dan Bawaslu, agar pileg dan pilpres bisa dipisahkan," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA