Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

MK Siap Hadapi Gugatan Sengketa Pemilu

Selasa 07 May 2019 18:28 WIB

Red: Esthi Maharani

Ketua Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman

Ketua Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman

Foto: Republika/Prayogi
Personel dan perangkat MK telah mempersiapkan diri menangani gugatan sengketa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman menyebut lembaganya siap menghadapi berbagai gugatan sengketa pemilu usai pengumuman resmi oleh KPU yang akan disampaikan pada 22 Mei nanti. Anwar memastikan, seluruh personel dan perangkat pun telah mempersiapkan diri menangani gugatan sengketa pemilu itu.

"Sudah sangat siap. 100 persen siap. Baik dari segi personil, hakim, maupun pegawai sudah siap semua, termasuk paniteranya dan perangkat terkait," ujar Awar di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (6/5) malam.

Terkait apakah hingga saat ini sudah ada pihak yang mendaftarkan diri ke MK, Anwar enggan berkomentar. Namun, menurutnya para pemohon gugatan sengketa pemilu baru akan mengajukan diri ke MK usai pengumuman hasil rekapitulasi suara resmi.

"Nanti lah kalau sudah permohonan itu maju. Belum ada permohonan yang maju, nanti tunggu tanggal 22 setelah KPU mengumumkan," kata dia.

Anwar juga memastikan seluruh hakim siap untuk menginap di kantor menangani dan menyelesaikan masalah sengketa pemilu ini.

"Oiya. Sejak 2014 pun kami begitu. Sampai tengah malam. Sekarang juga akan begitu, kelihatannya banyak caleg segala macem, dapil," tutup Anwar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA