Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Megawati: Kenapa Bisa Itu Banyak KPPS Meninggal

Jumat 10 May 2019 10:40 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menerima kunjungan silahturahmi Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin di Teuku Umar, Jakarta, Kamis (9/5).

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menerima kunjungan silahturahmi Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin di Teuku Umar, Jakarta, Kamis (9/5).

Foto: Republika/Prayogi
PDIP telah menyampaikan duka cita atas banyaknya KPPS yang meninggal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan rasa duka atas meninggalnya ratusan petugas penyelenggara dan pengawas Pemilu 2019. Ia heran lantaran jumlah korban begitu banyak pada pemilu 2019.

"Memang ya sudah saya sampaikan kenapa bisa banyak itu yang sampai meninggal. Dan kami dari PDI Perjuangan menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya kepada mereka," kata Mega usai menemui cawapres Ma'ruf Amin di kediamannya, Jakarta, Kamis (9/5).

Ia meminta semua pihak mengambil pelajaran dari kejadian tersebut. Tujuannya agar pemilu berikutnya lebih baik sekaligus peristiwa meninggalnya banyak petugas tidak terulang kembali. "Tentu untuk supaya hal-hal ini dijadikan pembelajaran, dievaluasi untuk tata cara yang akan datang agar lebih baik," ujarnya.

Di sisi lain, istri almarhum Taufik Kiemas itu memuji kinerja penyelenggara dan pengawas pemilu dari tingkat daerah hingga pusat. Menurutnya, mereka sudah menyelenggarakan pemilu 2019 dengan baik.

"Saya sangat mengapresiasi kerja KPU. Bagaimana pun dan apapun juga mereka telah melakukan kerja politik di dalam ranah pemilu ini," ucapnya.

Berdasarkan informasi hingga Sabtu, (4/5), tercatat ada 554 petugas penyelenggara pemilu meninggal dunia sepanjang proses Pemilu 2019. Jumlah tersebut terdiri atas anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panwaslu, dan Polri. Dari jumlah itu, 440 anggota KPPS meninggal dunia dan 3.788 anggota KPPS jatuh sakit. Rizky Suryarandika

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA