Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Puan Disebut Jadi Ketua DPR, Cak Imin: Cocok, Cocok Sekali

Selasa 14 May 2019 05:16 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Nashih Nashrullah

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar

Foto: Republika/Haura Hafizhah
Puan mencetak rekor caleg suara terbanyak, yaitu 450 ribu suara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nama Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani digadang-gadang bakal menjadi Ketua DPR periode 2019-2024 mendatang. Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyebut sosok Puan cocok menempati posisi Ketua DPR. "Cocok, cocok sekali," kata Muhaimin di Jakarta, Senin (13/5).

Ketua Umum PKB itu menilai Puan layak menjadi orang nomor satu di DPR. Menurutnya, putri Presiden RI kelima Megawati Sukarnoputri itu bakal membuka sejarah menjadi ketua DPR RI perempuan pertama. Cak Imin, begitu akrab disapa, mengaku juga akan ikut menempatkan kader perempuan di posisi wakil ketua DPR. "Ya pasti, pasti, kita tunggu perkembangan," ujarnya.

Sebelumnya, PDI Perjuangan mengungkapkan peluang Puan Maharani sebagai ketua DPR. Partai berlogo kepala banteng itu mengatakan, Puan memang kader PDIP yang paling berpeluang untuk menduduki kursi ketua parlemen.

"Puan memiliki legitimasi yang kuat untuk duduk sebagai ketua DPR RI karena perolehan suara Puan dalam pileg 2019 ini memecahkan rekor perolehan tertinggi, yaitu di atas 420 ribu suara," kata Wakil Sekretaris Jendral PDIP Ahmad Basarah di Jakarta, Senin (13/5).

Berdasarkan UU MD3, partai yang berhak menduduki jabatan ketua DPR adalah partai pemenang pemilu. PDI Perjuangan berpeluang besar menjadi partai pemenang Pemilu 2019. Berdasarkan penghitungan sementara Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU hingga Selasa (14/5) pukul 04.00 WIB, PDI Perjuangan memperoleh 20,12 persen dari total suara.  

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA