Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Gerakan Kedaulatan Rakyat Rencanakan Aksi Jelang 22 Mei

Sabtu 18 Mei 2019 00:06 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani

Putri mantan Presiden Soeharto Siti - Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto

Putri mantan Presiden Soeharto Siti - Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Aksi Gerakan Kedaulatan Rakyat dilaksanakan jelang pengumuman hasil pemilu oleh KPU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Titiek Soeharto menghadiri deklarasi Gerakan Kedaulatan Rakyat (GKR) di Jalan Proklamasi Nomor 36, Menteng, Jakarta. Ia membenarkan akan ada aksi damai yang dilakuan GKR jelang pengumuman rekapitulasi surat suara presiden dan wakil presiden tingkat nasional.

"Tanggal 21, 22 mungkin 20, 21, 22," kata Titiek ditemui usai menghadiri deklarasi tersebut, Jumat (17/5).

Ia tidak menjelaskan secara rinci berapa jumlah massa yang akan turun dalam aksi tersebut. Namun, ia memprediksi bahwa jumlah massa yang akan datang lebih banyak dari jumlah aparat TNI yang dikerahkan pemerintah.

"Tidak seperti 212 tapinya cukup banyaklah, kalau pemerintah mengerahkan aparat 160 ribu TNI seratus sekian ribu polisi, Insya Allah masa kita lebih dari itu," ucapnya.

Sementara itu Koordinator Masyarakat Peduli Pemilu Adil dan Berintegritas (MPPAB) Marwan Batubara juga membenarkan akan adanya aksi damai beberapa hari jelang pengumuman rekapitulasi nasional. Ia mengungkapkan, bahwa target massa yang diharapkan hadir pada aksi damai tersebut adalah lebih dari 7 juta massa.

"Saya kira nanti jelas ya di mana (titik aksi) yang luas tempatnya itu. Karena saya yakin orang yang akan datang itu akan melebihi 7 juta," tuturnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA