Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Di Kampung Deret, Jokowi Mengucap Syukur dan Berterima Kasih

Rabu 22 May 2019 03:30 WIB

Red: Andri Saubani

Capres Petahana Joko Widodo (tengah) menyapa warga usai pidato kemenangan sebagai Presiden periode 2019-2024 di Kampung deret,Tanah tinggi,Johor baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

Capres Petahana Joko Widodo (tengah) menyapa warga usai pidato kemenangan sebagai Presiden periode 2019-2024 di Kampung deret,Tanah tinggi,Johor baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

Foto: Fakhri Hermansyah
KPU telah mengumumkan pasangan Jokowi-Maruf sebagai pemenang Pilpres 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Dessy Suciati Saputri

Baca Juga

Selasa (21/5) siang, panas matahari di bulan suci ramadan cukup menyengat. Namun, teriknya matahari tak menyurutkan capres dan cawapres terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin untuk mendeklarasikan kemenangan.

Sebelumnya pada Selasa dini hari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menuntaskan proses rekapitulasi nasional hasil pilpres 2019. Pengumuman penetapan hasil pilpres ini sehari lebih awal dari tanggal maksimal yakni 22 Mei.

Pasangan calon terpilih Jokowi-Ma'ruf yang memperoleh suara sebanyak 85.607.362 atau 55,5 persen suara itu pun memilih mendeklarasikan kemenangan di Kampung Deret, Johar Baru, Jakarta Pusat. Keduanya juga tampak kompak mengenakan kemeja putih saat menyampaikan pidato.

Jokowi terlebih dahulu tiba di Kampung Deret pada pukul 12:33 WIB. Ia pun langsung disambut antusiasme warga dengan nyanyian 'Jokowi siapa yang punya'. Saat menyapa  dan bersalaman dengan warga, tampak raut muka bahagia Jokowi. Ia terlihat terus melemparkan senyum kepada warga setempat.

Tak seperti saat melakukan kunjungan kerja di berbagai daerah, siang itu terlihat tak begitu banyak masyarakat yang menyaksikan pidato kemenangan Jokowi-Ma'ruf. Pasalnya, agenda tersebut juga diketahui tak terencana sebelumnya.

Bahkan, dalam agenda kepresidenan, Istana harus membatalkan satu agenda yang sudah terjadwalkan pada pagi hari, yaitu bertemu dengan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Sembari menunggu Ma'ruf Amin, Jokowi menyempatkan diri bercengkerama dengan sejumlah emak-emak di salah satu sudut di bawah pohon rindang.

Tampak bangku yang ditata dengan huruf U itu dipenuhi oleh sejumlah wanita paruh baya. Tak lama kemudian, cawapres terpilih Ma'ruf Amin pun tiba di lokasi.

Keduanya pun bersama-sama langsung memberikan pidato kemenangannya. Saat Jokowi berpidato, Ma'ruf tampak berdiri di samping Jokowi. Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan rasa syukurnya setelah proses rekapitulasi pemilu nasional berakhir.

"Alhamdulillah puji dan syukur kita panjatkan kehadiran Allah SWT. Rekapitulasi nasional pemilu serentak 2019 pada dini hari tadi rakyat Indonesia telah menentukan pilihannya, baik dalam pileg maupun pilpres," kata Jokowi.

Proses demokrasi yang berlangsung itu disebutnya merupakan bentuk kedaulatan rakyat. Karena itu, ia pun juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh rakyat yang telah mendukung keduanya dalam pilpres ini.

"Inilah makna dari hakiki, hakekat rakyat berdaulat. Saya dan KH Ma'ruf Amin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia di mana pun berada atas kepercayaan yang diberikan kepada kami berdua," ucapnya.

Lokasi pidato kemenangan Jokowi ini tepat di samping rel kereta api. Saat menyampaikan pidatonya sesekali terdengar deru kereta api yang tengah melintas.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berjanji, setelah dilantik pada Oktober nanti, ia dan Ma'ruf akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden bagi seluruh rakyat Indonesia. Ia juga berjanji akan menjadi pemimpin yang mengayomi 100 persen rakyat Indonesia.

"Kami akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bagi 100 persen rakyat Indonesia," ujarnya.

Sesuai janjinya saat berkampanye, Jokowi mengatakan akan berupaya mewujudkan program-program pembangunan yang adil dan merata bagi seluruh lapisan masyarakat di seluruh Tanah Air. Ia mengatakan, berakhirnya proses rekapitulasi pemilu nasional ini membuktikan kedewasaan rakyat Indonesia dalam berdemokrasi dan melaksanakan pemilu. Jokowi pun meyakini, penyelenggaraan pemilu nasional ini berjalan damai, jujur, dan juga adil.

Jokowi sendiri mengaku memilih Kampung Deret sebagai lokasi pidato kemenangannya untuk bersilaturahim dengan warga setempat. Kampung Deret merupakan kampung kumuh yang kemudian disulap menjadi kampung yang lebih bersih oleh Jokowi saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta bersama wakilnya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Setelah pidato kemenangan disampaikan, Jokowi dan Ma'ruf pun meninggalkan Kampung Deret dan kembali melanjutkan agendanya masing-masing. Pada sore harinya, tak sedikit tokoh nasional yang menemui Presiden di Istana Merdeka untuk menyampaikan ucapan selamat.

Seperti Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Wapres keenam RI Try Sutrisno, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan juga Yusril Ihza Mahendra.

In Picture: Jokowi Sambangi Kampung Deret Tanah Tinggi

photo
Capres Petahana Joko Widodo (tengah) bersama Cawapres Ma’ruf Amin (kanan) menyapa warga usai pidato kemenangan sebagai Presiden periode 2019-2024 di Kampung deret,Tanah tinggi,Johor baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA