Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Tanggapi BW, Jokowi: Jangan Rendahkan Institusi

Ahad 26 Mei 2019 20:18 WIB

Rep: Sapto Andika Candra / Red: Ratna Puspita

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Bambang Widjojanto yang meragukan independensi dan integritas Mahkamah Konstitusi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh pihak untuk tidak merendahkan institusi atau lembaga negara yang dibentuk oleh sistem ketatanegaraan. Jokowi menimpali pernyataan Ketua Tim Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto yang meragukan independensi dan integritas Mahkamah Konstitusi.

Baca Juga

Jokowi menilai, lembaga negara seperti MK justru harus mendapat kepercayaan dari masyarakat. "Jangan senang merendahkan sebuah institusi, saya kira engak baik. Apapun lembaga yang ada dibentuk oleh ketatanegaraan. Jangan sampai direndahkan, dilecehkan seperti itu. Saya kira nggak baik. Pada siapapun ya," kata Presiden usai menghadiri buka puasa bersama Hipmi, Ahad (26/5).

Sebelumnya diberitakan, Bambang Widjojanto berharap gugatan kubu 02 diproses MK kendati hanya membawa 51 bukti. "Mudah-mudahan Mahkamah Konstitusi bisa menempatkan dirinya menjadi bagian penting, di mana kejujuran dan keadilan harus menjadi watak dari kekuasaan, dan bukan justru menjadi bagian dari satu sikap rezim yang korup," kata Bambang di gedung MK, Jakarta pada Jumat (24/5) malam. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA