Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Pantai Parangtritis Destinasi Favorit Selama Libur Lebaran

Selasa 11 Jun 2019 16:12 WIB

Red: Ratna Puspita

Lebaran di Pantai Parangtritis. Warga memadati kawasan wisata Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta, Jumat (7/6/2019).

Lebaran di Pantai Parangtritis. Warga memadati kawasan wisata Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta, Jumat (7/6/2019).

Foto: Republika/ Wihdan
Pantai Parangtritis mendapat kunjungan paling banyak di antara objek wisata lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Objek wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih menjadi destinasi favorit wisatawan Nusantara selama liburLebaran 2019. Dari data kunjungan wisatawan ke Bantul selama libur Lebaran, kawasan Pantai Parangtritis mendapat kunjungan paling banyak di antara objek wisata lainnya.

Baca Juga

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Bantul Ni Nyoman Yudiriani mengatakan,  kunjungan wisatawan ke Bantul sebanyak 346.469 pengunjung. Terdiri dari: kawasan Pantai Parangtritis dikunjungi 272.200 orang, Pantai Samas 24.217 orang, Pantai Gua Cemara 7.194 orang, Pantai Pandansimo 15.696 orang dan Pantai Kuwaru 4.780 orang.

Kemudian kawasan wisata alam Gua Cerme dikunjungi sebanyak 257 orang dan kawasan wisata Puncak Becici Mangunan dikunjungi sebanyak 20.309 orang, sedangkan objek wisata lainnya rata-rata kurang dari 10 ribuan orang. "Ini masih laporan data (kunjungan wisatawan) sementara sampai dengan Senin, yang lainnya masih proses penghitungan dan dirangkum," kata Nyoman di Bantul, Selasa (11/6).

Dengan demikian, menurut dia, kunjungan wisatawan ke Bantul selama libur Lebaran baik ke objek wisata yang dikelola pemerintah dan masyarakat seperti di desa wisata akan bertambah. Sebab, libur Lebaran bagi pelajar masih berlangsung hingga pekan depan.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru mengatakan, kawasan wisata pantai selatan dan wisata pegunungan di Mangunan Dlingo potensial dikunjungi para pemudik. Bahkan, kalau melihat tren kunjungan dari tahun ke tahun wisata pantai dan pegunungan Mangunan meningkat.

Menurut dia, dua objek wisata yang menawarkan pesona pantai selatan Bantul dan pemandangan alam Bantul dari bukit tersebut kawasan wisata dengan jumlah kunjungan wisata terbanyak di tingkat provinsi DIY. "Sehingga kalau kita berbicara tren cukup menggembirakan dalam dua tahun terakhir ini tujuan utama bagi pemudik dua objek itu, pantai terutama Parangtritis dan wisata Mangunan, yang ketiga baru objek wisata lainnya di luar Bantul," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA