Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Bamsoet Minta Restu Airlangga Pekan Depan

Sabtu 29 Jun 2019 14:06 WIB

Rep: Rizkyan Adhiyudha/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Kamis (27/6).

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Kamis (27/6).

Foto: Republika/Arif Satrio Negoro
Golkar diketahui akan menggelar munas pada Desember nanti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet berencana menemui Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto pekan depan. Dia mengatakan, pertemuan itu dilakukan guna meminta restu Airlangga untuk maju sebagai calon ketua umum partai periode 2019-2024.

"Saya akan minta waktu beliau, dimananya serta kapan, itu yang saya belum tahu. Tapi nanti saya akan menyampaikan niat saya dan mudah-mudahan beliau bisa merestui," kata Bamsoet di rumah dinas Ketua DPR, Sabtu (29/6).

Mantan bedahara DPP Golkar ini mengungkapkan, sejauh ini dirinya memang belum melakukan komunikasi dengan Airlangga terkait niatnya itu. Sekaligus, dia mengatakan, pertemuan itu untuk memastikan jadwal musyawarah nasional (munas) Golkar.

"Saya akan minta waktu beliau dan menyampaikan apa yang akan saya lalukan terkait dengan rencana munas," kata Bamsoet lagi.

Golkar diketahui akan menggelar munas pada Desember nanti. Namun, ada sejumlah wacana agar waktu pelaksanaan munas itu dipercepat pada Oktober agar dapat segera bersinergi dengan pemerintahan yang baru.

Bamsoet mengatakan akan sepenuhnya mengikuti jadwal pelaksanaan munas yang dicanangkan DPP Golkar. Dia mengatakan akan selalu mengikuti keputusan DPP dan partai.

"Jadwal munas juga belum ada nah nanti, saya juga pengen tanya ketua umum kapan munas akan dilaksanakan," katanya.

Majunya Bamsoet sebagai kcalon ketua umum juga telah mendapat dukungan dari DPD Golkar di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Dia mengungkapkan, sejauh ini dirinya telah diusung oleh seluruh DPD Kepulauan Riau, sebagian Jawa Barat, Maluku serta Maluku Utara, Papua Barat, Kalimantan Selatan dan DKI tingkat II.

Ketua DPD Kalsel Sahbirin Noor mengatakan, dukungan kepada Bamsoet agar maju sebagai calon ketua umum agar mampu merahpihkan organisasi dan persoalan program kerja partai secara teknis. Gubernur Kalse ini juga merespon positif terkait masa jabatan ketua umum yang seharusnya hanya satu periode.

"Bagus, kami mendukung karena sejatinya ketua Golkar bentuk pembelajaran untuk bisa lebih mengikuti jenjang organisasi," katanya.

Dalam kesempatan itu, dia sekaligus memastikan soliditas 13 DPD Kalsel di ti gkat I dan II untuk mendukung Bamsoet menggantikan Airlangga Hartanto. Mereka mengaku siap berjuang guna mengusung Bamsoet sebagai pimpiman partai.

Ketua DPD Golkar Jakarta Selatan Muhammad Ikhsan Ningratubun mengatakan, Bamsoet memiliki kiprah yang cukup baik sebagai Ketua DPR. Dia juga dinilai memiliki jiwa milenial dan energik.

Dia berharap, Bamsoet mampu meningkatkan suara partai pada 2024 nanti. Dia mengayakan, hal itu agar partai berlogo pohon beringin ini mampu mengusung calon presiden atau calon wakil presiden di lima tahun mendatang.

Airlangga Hartanto sebelumnya mengaku terbuka untuk bersaing dengan siapapun dalam Munas Golkar mendatang, termasuk, Bambang Soesatyo. Dia mengatakan, Munas Golkar terbuka untuk publik.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA