Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

MPKU Muhammadiyah Punya Peran dan Fungsi Strategis

Kamis 14 Des 2017 19:51 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Fernan Rahadi

Muhammadiyah

Muhammadiyah

Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam setiap kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, bantuan kesehatan merupakan salah satu bantuan yang paling diutamakan. Di sinilah pentingnya peran dan fungsi strategis dari Majelis Pelayanan Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah.

Ketua MPKU PP Muhammadiyah, Agus Syamsuddin mengatakan, salah satu peran utama MPKU adalah untuk mendukung Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Kami mendukung dengan menyiapkan tenaga medis yang sudah siap terjun sebagai bagian dari rumah sakit siaga bencana Muhammadiyah," kata dia kepada Republika, Rabu (13/12).

Bantuan dari sisi medis itu terdiri dari tim dokter dan perawat yang membuat rumah sakit mini yang juga menyediakan dokter soesialis, termasuk Dokter spesialis. Salah satu rumah sakit mini yang didirikan adalah di kamp pengungsian Rohingya.

Rumah sakit mini itu berupa bangunan sementara dengan dimensi sekitar 4 x 5 meter kemudian diberi sekat sehingga membentuk beberapa ruang perawatan.

Selain itu, di tengah cuaca ekstrem yang baru-baru ini menyapa beberapa wilayah di Indonesia pun mendorong MPKU untuk juga terlibat dalam memberi bantuan pada beberapa lokasi bencana. "Tim penanggulangan bencana dari rumah sakit digilir untuk membantu masyarakat. Sehingga bantuan dapat terus diberikan secara berkelanjutan," ujarnya.

Selain memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat, MPKU pun juga memberi pelayanan kesehatan kepada seluruh relawan yang terlibat. Hal ini diperlukan agar dapat memastikan bahwa seluruh relawan yang memberi bantuan pun dalam kondisi prima mengingat relawan juga melakukan tugasnya di bawah kondisi cuaca yang ekstrem.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA