Thursday, 13 Sya'ban 1440 / 18 April 2019

Thursday, 13 Sya'ban 1440 / 18 April 2019

UMY-Finland University Kerja Sama Pertukaran Mahasiswa

Senin 30 Oct 2017 18:54 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Budi Raharjo

UMY-Finland University jalin kerja sama.

UMY-Finland University jalin kerja sama.

Foto: Wahyu Suryana

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tampaknya tidak berhenti melakukan upaya-upaya internasionalisasi. Kali ini, mereka menggandeng Finland University untuk menjalin kerja sama dalam sejumlah program-program unggulan.

Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB) UMY, Suryanto menuturkan, kolaborasi ini merupakan kesempatan yang sangat baik mempelajari sistem pendidikan Finlandia. Pasalnya, sistem pendidikan Finlandia salah satu yang terbaik di dunia.

Untuk itu, ia bersama UMY menyambut baik tawaran kolaborasi yang datang. Menurut Suryanto, kerjasama yang akan dilaksanakan di antaranya berupa penelitian bersama, pertukaran pelajar ataupun konsultasi edukasi.

"Serta, proyek bersama lainnya yang akan ditentukan setelah masing-masing perwakilan dari institusi yang di bawahi Fin Uni datang ke UMY," ujar Suryanto. Kolaborasi ini bisa dibilang jadi salah satu wujud komitmen UMY sebagai bentuk aplikatif sebagai kampus yang menekankan moto Muda Mendunia. Hal itu dilakukan tentu dengan tujuan menuju World Class University.

Fin Uni sendiri merupakan institusi yang memayungi setidaknya empat universitas di Finlandia. Mereka di antaranya Abo Akademi University, University of Eastern Finland, University of Tampere dan University of Turko.

Pasi Kaskinen selaku Executive Vice President dari Fin Uni, jadi delegasi yang menandatangani nota kesepahaman kolaborasi. Ia mengatakan, kerjasama akan dilaksanakan dengan memanfaatkan bidang-bidang unggul masing-masing.

"Masing-masing institusi memiliki keunggulan yang menonjol, dan saya kira untuk memanfaatkan itu demi keuntungan bersama merupakan tindakan tepat," kata Kaskinen di Ruang Sidang Rektorat, Gedung AR Fachruddin, UMY, Senin (30/10).

Semisal, lanjut Kaskinen, keunggulan sistem pendidikan Finlandia yang memang dinilai baik secara internasional. Pencapaian ini sangat didukung kualitas guru yang memberikan pengajaran di sekolah-sekolah Finlandia.

Kaskinen mengungkapkan, banyak anak-anak yang berminta menjadi guru, dan untuk menghasilkan output yang diharapkan mahasiswa tidak hanya dididik untuk kuasai materi. Tapi, memberi seni pengajaran yang baik dirasa jadi aspek penting.

Ia berpendapat, itu dilakukan agar mahasiswa mampu mencurahkan segenap hati dan pikirannya untuk mengajar. Bahkan, banyak kampus di Finlandia memiliki Teacher Training School, jadi mahasiswa dapat berlatih mengajar sejak pertama kuliah.

"Menurut Programme for International Student Assessment (PISA) yang melakukan survei pada anak-anak tingkat sekolah menengah, Finlandia termasuk kategori negara yang memiliki sistem pendidikan yang dinilai baik," ujar Kaskinen.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA