Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Bupati Sorong: Rustamadji adalah Tokoh Pendidikan

Rabu 24 Apr 2019 13:34 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agus Yulianto

Bupati Kabupaten Sorong, Johny Kamuru.

Bupati Kabupaten Sorong, Johny Kamuru.

Foto: Foto: Pryantono Oemar/Republika
Malam ini Rustmadji akan menerima penghargaan Tokoh Perubahan Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong, Dr Rustamadji, bagi masyarakat Kabupaten Sorong di Papua Barat adalah seorang tokoh pendidikan. Kiprahnya di dunia pendidikan juga diapresiasi oleh Bupati Kabupaten Sorong, Johny Kamuru. 

Johny mengatakan, Rustamadji layak disebut sebagai tokoh pendidikan. Beliau seorang inovator karena banyak memiliki banyak gagasan baru. Kemudian gagasannya yang diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat dapat dirasakan manfaatnya oleh publik.

"Manfaatnya dirasakan oleh masyarakat di dunia pendidikan, dan bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan di Sorong. Artinya, banyak kegiatan yang dilakukan beliau bermanfaat," kata Johny kepada Republika.co.id, Selasa (23/4).

Sosok Rustamadji memang sangat luar biasa kontribusinya kepada masyarakat. Bahkan, semangatnya patut diacungi jempol dan ditiru generasi muda.

Menurutnya, Rektor Unimuda Sorong itu selalu punya gagasan yang baru, terutama di dunia pendidikan. Beliau dapat mengemas Unimuda Sorong menjadi kampus yang hijau, ramah lingkungan, dan menjadikannya kampus terbaik.

"Beliau juga banyak memiliki kegiatan sosial di kampung-kampung di Kabupaten Sorong, saya lihat beliau sosok yang luar biasa, tidak salah Republika memberinya penghargaan," ujarnya.

Sebelumnya, Rustamadji telah banyak terlibat dalam pembangunan sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Sorong. Sekarang sudah ada sekolah TK, SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK dan Unimuda Sorong. 

photo

Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong - Rustamadji

Di Kampung Warmon Kokoda, Kabupaten Sorong, beliau juga membangun TK dan SD Lab School. Bahkan ikut memperjuangkan masyarakat Kokoda agar bisa tinggal di tanah sendiri dan memiliki rumah yang layak. Di Pulau Arar, Rustamadji juga membangun SMP dan SMA Lab School.

Contoh teladan generasi millenia

Johny mengatakan, anak-anak muda atau generasi millennial seharusnya bisa meniru sosok Rustamadji. Beliau sudah tidak muda lagi, tapi semangatnya tidak pernah menua. Semangatnya masih seperti para pemuda.

"Melihat sosok beliau ini jadi tantangan bagi anak-anak muda untuk bisa seperti beliau," kata Johny.

Menurutnya, anak-anak muda harus malu jika semangatnya kalah dari Rustamadji. Meski beliau bukan generasi millennial tapi selalu punya gagasan-gagasan baru. Hasil  nyata dari gagasannya bisa bermanfaat buat publik dan menjadi motivasi bagi kaum muda.

"Generasi muda, generasi millennial ini harus meniru apa yang telah dilakukan beliau (Rustamadji) sampai saat ini," ujarnya.

 

Rustamadji memiliki prinsip, untuk mendapatkan hasil yang luar biasa dan berdampak sehingga membawa perubahan nyata. Maka harus melakukan kerja-kerja ekstrem, ekstra dan serius. Prinsip tersebut terbukti bisa mengubah masyarakat Suku Kokoda yang terkenal sulit diatur. 

photo

Kampung Warmon Kokoda, tempat tinggal Suku Kokoda yang merupakan satu dari lima desa binaan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah, Rabu (20/9).

Bahkan, upayanya dapat mengikis citra negatif Suku Kokoda, sehingga mereka bisa hidup lebih maju dan beradab. Hal tersebut tidak lepas dari semangat juang Rsuatamadji bersama Unimuda Sorong yang tidak pernah surut dalam kondisi apapun. Menurut Bupati Sorong, semangat juang yang dimiliki Rustamadji benar-benar layak jadi teladan generasi muda.

Johny mengungkapkan, atas nama Pemerintah Kabupaten Sorong, mengapresiasi sekaligus berterimakasih terhadap Republika yang memberi penghargaan untuk Rustamadji. Sangat tepat Republika memberinya gelar sebagai tokoh perubahan.

Sebagaimana diketahui, Republika menggelar penganugerahan tokoh perubahan setiap tahun. Mereka yang terpilih adalah sosok-sosok yang memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan melakukan perubahan di tengah masyarakat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA