Senin, 15 Ramadhan 1440 / 20 Mei 2019

Senin, 15 Ramadhan 1440 / 20 Mei 2019

Tokoh Perubahan Terinspirasi Surat Al-A'raf Ayat 96

Rabu 24 Apr 2019 22:27 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Hasanul Rizqa

Para penerima anugerah Tokoh Perubahan Republika 2018 bersama tamu undangan berfoto bersama saat acara malam Anugerah Tokoh Perubahan 2018 di Jakarta, Rabu (24/4) malam.

Para penerima anugerah Tokoh Perubahan Republika 2018 bersama tamu undangan berfoto bersama saat acara malam Anugerah Tokoh Perubahan 2018 di Jakarta, Rabu (24/4) malam.

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Tahun ini, Republika menganugerahi Rustmadaji sebagai salah seorang tokoh perubahan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong, Rustamadji mendapat anugerah Tokoh Perubahan 2018 di Djakarta Theater pada Rabu (24/4). Ia mengaku terinspirasi Surat Al-A'raf Ayat 96 dalam berjuang membawa perubahan di tanah Papua.

Rustamadji mengatakan, Surat Al-A'raf ayat 96, artinya Tuhan akan memberikan keberkahan dari langit dan bumi kepada penduduk sebuah negeri dengan syarat penduduk negeri tersebut beriman dan bertakwa. Ayat tersebut belum pernah direvisi atau diterjemahkan syarat mendapat keberkahan harus di suatu tempat tertentu dan untuk bangsa tertentu saja.

Baca Juga

"Artinya Allah memposisikan tanah di semua bumi potensinya sama, artinya ayat ini mengisyaratkan semua suku bangsa di dunia punya peluang yang sama untuk maju," kata Rustamadji saat memberikan pidato usia menerima anugerah Tokoh Perubahan 2018 dari Republika, Rabu (24/4). 

photo

Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong - Rustamadji

Ia menceritakan, selalu menyampaikan ke saudara-saudara di Papua supaya bangkit untuk maju. Sebab semua orang memiliki potensi yang sama untuk maju. Masyarakat Papua pun bisa maju seperti yang lainnya.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Papua Barat itu mengungkapkan, bersama Muhammadiyah merasa semakin dewasa dalam cara berpikir dan bertindak. Semua karya besar lahir dari sebuah tim yang kuat, tidak mungkin karya besar dihasilkan oleh seorang diri.

Ia menerangkan, di Kampung Warmon Kokoda, Kabupaten Sorong tempat Suku Kokoda tinggal, tim telah berbuat sesuatu. Awalnya kondisi masyarakat di sana sangat memprihatinkan. "Bersyukur sekarang sudah ada kemajuan-kemajuan di Kampung Warmon Kokoda," ujarnya.

Ia mengungkapkan, memang tantangan dari hari ke hari sangat dahsyat saat proses membantu dan memajukan masyarakat Kokoda. Tapi tidak pernah menyerah dalam berjuang. Di sana dibangun masjid, TK dan SD Labschool. Kemudian masyarakat Kokoda dibantu agar memiliki tempat tinggal sendiri yang layak. Awalnya mereka tinggal di rumah kayu dengan atap terpal dan dedaunan.

Di Pulau Arar, Rustamadji bersama tim juga melakukan hal yang sama. Mereka membantu masyarakat Pulau Arar untuk maju dan berubah menjadi lebih baik. "Sudah sekian banyak generasi tidak ada sekolah di Pulau Arar, hanya ada sekolah SD, begitu lulus SD, anak-anak gak lanjut sekolah," ujarnya.

photo

Rektor Universitas Sorong Rustamadji menerima anugerah Tokoh Perubahan Republika 2018 yang diserahkan oleh Kepala Bekraf Triawan Munaf di Jakarta, Rabu (24/4) malam.

Kemudian Rustamadji bersama tim membangun SMP dan SMA Labschool di Pulau Arar. Ia mengungkapkan, alhamdulillah lulusan SMP dan SMA Labschool kini sudah ada yang menjadi perawat, bidan dan TNI. Masyarakat Pulau Arar semakin baik dalam menata masa depan.

Sebagaimana diketahui, Anugerah Tokoh Perubahan diselenggarakan setiap tahun oleh Republika. Tahun ini, Republika menganugerahi Rustmadaji sebagai salah satu Tokoh Perubahan 2018. Mereka yang didaulat sebagai Tokoh Perubahan dipandang sebagai sosok-sosok yang berkontribusi nyata bagi bangsa dan negara, khususnya umat Islam. Selain itu, mereka terbukti menghadirkan perubahan yang positif di tengah masyarakat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA