Tuesday, 12 Rajab 1440 / 19 March 2019

Tuesday, 12 Rajab 1440 / 19 March 2019

Tabrak Rombongan Burung, Batavia Mendarat Kembali di El Tari

Senin 03 Oct 2011 20:53 WIB

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,KUPANG--Pesawat Boeing 737 seri 500 milik maskapai Batavia Air dengan nomor penerbangan y6756 terpaksa mendarat kembali ke Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) setelah menabrak rombongan burung saat hendak 'take off'.

Pesawat yang mengangkut 127 penumpang itu hendak diterbangkan menuju Bandara Ngurah Rai Denpasar-Bali, Senin sekitar pukul 15.30 WITA.

Akibat insiden tersebut, hingga saat ini ratusan penumpang masih berada di Bandara El Tari Kupang, sambil menunggu pengalihan penerbangan masing-masing ke Sriwijaya Air untuk penumpang tujuan Surabaya yang akan diberangkatkan pada pukul 20.15 WITA dan peswat Batavia lainnya untuk tujuan Denpasar pada pukul 19.15 WITA.

Ny Dewi salah seorang penumpang pesawat tersebut mengaku insiden itu tidak menimbulkan kerugian luka-luka bagi seluruh penumpang dan kru pesawat yang ikut dalam penerbangan tersebut.

Hanya saja pesawat dikabarkan mengalami kerusakan sehingga kemungkinan tidak akan terbang kembali. Dia menuturkan, insiden itu terjadi setelah pesawat meninggalkan Bandara El Tari Kupang sekitar 10 hingga 15 menit. "Awalnya penumpang panik karena mencium bau hangus. Mungkin burung yang ditabrak tersedot ke mesin pesawat," katanya.

Pramugari akhirnya mengumumkan kepada penumpang bahwa pesawat telah menabrak burung sehingga harus kembali ke bandara. Keputusan pilot untuk kembali ke bandara merupakan langkah pencegahan dari kemungkinan terjadi sesuatu yang lebih buruk.

Ny Melia, salah seorang penumpang lain tujuan Denpasar mengaku tegang dan khawatir terhadap kejadian tersebut, mengingat sejumlah kejadian yang telah menimpah sejumlah maskapai beberapa waktu ini di Indonesia.

Kendati demikian, dia dan sejumlah penumpang lainnya masih rela menunggu di ruang tunggu Bandara El Tari Kupang, untuk diberangkatkan lagi dengan sistem pengalihan.

"Kami diinformasian akan diberangkatkan kembali menggunakan pesawat Batavia lainnya menuju Denpasar dan Surabaya," kata Melia.

Distrik Manager Batavia Air, Novianto yang dihubungi terpisah di Bandara El Tari Kupang, membenarkan kejadian itu. Namun, dia mengaku tidak ada masalah dengan penumpang, karena penumpang akan diterbangkan kembali menggunakan pesawat Batavia lainnya yang sesuai jadwal akan mendarat di Bandara El Tari Kupang pukul 18.30 WITA.

"Penumpang akan diangkut dengan pesawat Batavia yang akan datang ke Kupang," katanya.

Terhadap kondisi pesawat yang mengalami insiden, menurut Novianto sedang dalam pemeriksaan petugas maskapai dan kemungkinan akan mengganti sejumlah alat yang kemungkinan rusak karena insiden tersebut.

"Kita sedang menunggu suku cadang untuk perbaikan dan penggantiannya," kata Novianto tanpa merinci kerusakan dan suku cadang apa yang sedang dipesan. Dia mengatakan, rombongan burung jenis puyu itu menabrak badan pesawat persinya pada bagian mesin sebelah kanan pesawat Batavia yang akan 'take off'.

Akibatnya, para penumpang dan kru pesawat akhirnya mencium bau hangus, dan karena itu pilot memutuskan kembali mendarat ke Bandara El Tari Kupang.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA