Saturday, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 February 2019

Saturday, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 February 2019

Forum Rektor Indonesia Siap Dukung Program Kemaritiman

Senin 12 Jan 2015 19:28 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Indah Wulandari

Menko Kemaritiman di salah satu seminar yang diadakan ITS

Menko Kemaritiman di salah satu seminar yang diadakan ITS

Foto: its.ac.id

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Forum Rektor Indonesia (FRI) mendukung empat  fokus pembangunan maritim Indonesia.  Caranya, dengan mendaulat Menko Maritim Indrojono Susilo agar mendukung setiap acara kemaritiman di lingkungan kampus agar tercipta sinergitas antara kalangan akademis dan pemerintah.

“Kami berharap kehadiran Menko Maritim secara langsung untuk bertatap muka dengan 2.214 rektor dari perguruan tinggi swasta dan negeri seluruh Indonesia akan memberikan pemahaman yang utuh terhadap maksud dan tujuan dari keberadaan Menko Maritim dalam kabinet kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla,” ujar Ketua FRI Ravik Karsidi, Senin (12/1).

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini pun meminta agar Menko Maritim menghadiri Konvensi Kampus XI sekaligus temu tahunan yang ke-17 FRI yang akan diselenggarakan di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan pada tanggal 23-25 Januari 2015 mendatang.

Mendengar permintaan tersebut, Indrojono pun berharap, FRI mendukung empat  fokus pembangunan maritim Indonesia yang dicanangkan oleh kementeriannya.  Ia juga mengajak para rektor  di seluruh Indonesia untuk membantu pengembangan wilayah dan perbatasan pulau terluar.

“Selain itu, rektor juga perlu mendukung pembangunan infrastruktur pelabuhan berupa galangan kapal serta kelistrikan,” tegas Indrojono.

Ia  mengatakan, empat fokus pembangunan maritime,  antara lain menegakkan kedaulatan maritim Indonesia, memanfaatkan sumber daya alam hayati dan non hayati untuk kemakmuran Indonesia.

Lalu, mengembangkan infrastruktur maritim dan energi guna meningkatkan konektivitas dan memperkuat sistem logistik nasional. Kemudian  memperteguh budaya bahari bangsa menuju Indonesia sebagai negara yang maju dari sisi Iptek dan inovasi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA