Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Indonesia Kekeringan, Ustaz Yusuf Mansur Ajak Rakyat Beristigfar

Sabtu 08 Aug 2015 09:37 WIB

Rep: c16/ Red: Karta Raharja Ucu

Ustaz Yusuf Mansur.

Ustaz Yusuf Mansur.

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian wilayah Indonesia sedang mengalami kekeringan dan kurangnya pasokan air bersih. Ustaz Yusuf Mansyur pun mengajak segenap masyarakat untuk kembali mengingat Allah SWT dengan beristigfar.

Menurutnya, musibah kekeringan ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk beristigfar. “Saat kekeringan kenapa mencari hujan buatan, harusnya mencari yang menurunkan hujan dengan beristigfar,” ujar Ustaz Yusuf usai menghadiri Tabligh Akbar di kampus Universitas Indonesia, Jumat (8/8).

Selain mengharapkan bantuan pemerintah, Ustaz Yusuf meminta masyarakat melakukan upaya-upaya secara mandiri. Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA) sendiri kata Ustaz YM, turut bergerak mengatsi kekeringan dengan melakukan aksi kemanusiaan air di beberapa daerah yang kekurangan air seperti Bekasi, Blora dan Sukabumi.

Pada 2015 ini, fenomena kekeringan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Daerah-daerah seperti Jawa, Sulawesi Selatan, Lampung, Bali, NTB dan NTT telah mengalami hari tanpa hujan berturut-turut sangat panjang.

Panjangnya musim kemarau di beberapa tempat di Indonesia, terutama di sebelah selatan khatulistiwa pada 2015 ini diduga merupakan dampak dari fenomena El Nino yang telah mencapai level moderate.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA