Tuesday, 19 Rajab 1440 / 26 March 2019

Tuesday, 19 Rajab 1440 / 26 March 2019

Ini Tantangan Berat Nulis Cerpen Misteri

Rabu 04 Nov 2015 21:09 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Menulis cerpen, ilustrasi

Menulis cerpen, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia kaya dengan cerita dan kisah misteri maupun mistis. Masyarakat Indonesia banyak yang menyukai cerita misteri maupun mistis sehingga novel atau cerita misteri banyak peminatnya.

Penulis novel misteri berjudul Danur, Risa Saraswati mengatakan, tantangan menulis kisah misteri itu berat dan menarik. "Tantangan terberat dalam menulis cerpen misteri adalah bagaimana mengajak pembaca masuk ke dalam dunia misteri sehingga pembaca seolah-olah mengalami sendiri kisah misteri tersebut," katanya, Rabu, (4/11).

Sebenarnya dari kisah misteri itu banyak hal yang bisa digali sehingga membuat pembaca penasaran. Kisah misteri bisa dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulisnya maupun berdasarkan pengalaman orang lain, atau hanya sekedar imajinasi penulisnya sendiri

Novel Danur karya Risa berkisah tentang pengalamannya bersahabat dengan sejumlah hantu. Kepiawaiannya membuat novel misteri membuatnya didapuk menjadi  juri lomba cerita pendek (cerpen) misteri oleh Faber Castell Internasional Indonesia (FCII).

Sebagai juri, Risa mengaku mencari pemenang yang cerita misterinya bagus. Penulis karyanya harus bisa dinikmati dan dipahami sehingga pembaca seolah terhanyut di dalam alur ceritanya.

"Saya senang bisa dipilih Faber Castell menjadi juri sebab sejak kecil saya memang hobi menulis. Sebelum jadi penulis seperti sekarang, saya sering ikut lomba-lomba cerpen seperti ini, makanya saya bisa memahami bagaimana perasaan peserta lomba yang harap-harap cemas dalam menanti pengumuman pemenang."

Faber Castell sendiri menggelar lomba penulisan cerpen misteri dengan total hadiah puluhan juta rupiah. Lomba terbagi dalam dua kategori peserta yaitu peserta di bawah 18 tahun dan di atas 18 tahun. Setiap kategori peserta akan diambil enam pemenang terdiri dari juara I-III dan harapan I-III. Selain itu, ditambah pula kategori pemenang berdasarkan tulisan terindah dan suara terbanyak di halaman Facebook Faber Castell.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA