Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Pemerintah akan Tingkatkan Kondisi Wisata Bahari

Ahad 13 Dec 2015 12:44 WIB

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Nur Aini

Seorang wisatawan tengah menikmati keindahan kehidupan bawah laut. Indonesia memang dikenal memiliki potensi wisata bahari yang tinggi (ilustrasi)

Seorang wisatawan tengah menikmati keindahan kehidupan bawah laut. Indonesia memang dikenal memiliki potensi wisata bahari yang tinggi (ilustrasi)

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID,BANDA ACEH -- Pemerintah merencanakan pemaksimalan pariwisata bahari. Promosi pariwisata laut Indonesia akan lebih ditingkatkan untuk mengundang masyarakat negara lain agar mendatangi Indonesia.

‎"Akan sangat baik jika ditingkatkan. Laut kita indah," kata Wakil Presiden, Jusuf Kalla, dalam perayaan hari nusantara di Pelabuhan Lampulo, Aceh, Ahad (13/12).

Pembangunan sarana dan infrastruktur akan terus dilakukan. Salah satu tujuannya adalah menguatkan sektor pariwisata. Sasarannya adalah wilayah pesisir Indonesia.

Beberapa hari lalu, Wakil Presiden mengunjungi kawasan wisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kunjungannya disambut oleh Gubernur NTB, Zainul Majdi.

Pengembangan wisata bahari juga dilakukan di Ibu Kota. Deputi IV Kemenko Maritim, Safri Burhanudin, menyebut Kabupaten Kepulauan Seribu ‎adalah salah satu sasaran kawasan wisata yang dikembangkan.

Namun pihaknya menyayangkan kondisi Teluk Jakarta yang kotor dengan sampah. Hal itu ditambah lagi kondisi air Teluk Jakarta yang menurutnya sudah sangat kotor. Pihaknya merangkul sejumlah kelompok masyarakat untuk membersihkan teluk tersebut.

Rencananya, TNI AL akan dilibatkan untuk menjaring sam‎pah. Dua kapal cepat akan dikerahkan membawa jaring. Sampah akan ikut terbawa dan diangkut ke pinggiran. "Kalau ini rutin dilakukan setiap akhir pekan maka pasti akan berdampak," imbuhnya.

Jika kebersihan laut terjaga dengan baik maka menurutnya pariwisata akan semakin menguat.

Baca juga: Banjir Tiga Kecamatan di Aceh Sulit Diterobos

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA