Monday, 8 Rabiul Akhir 1442 / 23 November 2020

Monday, 8 Rabiul Akhir 1442 / 23 November 2020

Ini Alasan Menteri Yuddy Ingin Kurangi PNS

Rabu 06 Jan 2016 20:03 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Citra Listya Rini

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Foto: Republika/Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) berencana mengurangi jumlah PNS. Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi menyebut, efisensi perlu dilakukan untuk menurunkan rasio kepegawaian terhadap jumlah penduduk yang saat ini masih 1,77.

"Kemen PAN melakukan kajian bahwa idealnya diangka 1,5 persen rasio jumlah pegawai pemerintah terhadap jumlah penduduknya," kata Yuddy di Kantor Presiden, Rabu (6/1).

Efisiensi PNS, menurut Yuddy, juga bertujuan untuk mengurangi beban belanja pegawai yang saat ini mencapai 40 persen. Dia berpendapat, negara bisa melakukan penghematan yang besar jika jumlah pegawainya berkurang.

Kendati begitu, ia menyatakan rencana pengurangan PNS masih perlu kajian yang mendalam. Sebab, pengurangan pegawai tak boleh sampai mengganggu kinerja birokrasi di pemerintahan. "Kita akan kaji sematang mungkin," kata dia.

Melakukan pengurangan pegawai pemerintah sebenarnya sudah pernah diterapkan negara lain. Yuddy mengatakan, Cina pernah melakukan efisiensi sampai 50 persen. Namun, ia memastikan Indonesia tak bakal melakukan efisiensi se-ekstrem itu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA