Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Hari-Hari Terakhir Kalijodo

Kisah Nyai dan Pergundikan di Batavia (Bagian 1)

Kamis 18 Feb 2016 05:01 WIB

Rep: muhammad subarkah/ Red: Muhammad Subarkah

Foto para Nyai tempo dulu dengan serdadu Belanda.

Para 'Bedinde' (pembantu rumah tangga) di sebuah rumah milik orang Eropa di Batavia tahun 1904.

Nyai Dasima, Tragedi Gundik Tuan Inggris

Nah, salah satu skandal seksual terheboh yang menimpa pejabat adalah terjadi pada salah satu orang penting yang ada di lingarkan dalam pemerintahan Raffles, yakni Edward William. Dia terlibat kasus pembunuhan dengan salah satu perempuan piaraannya, Nyai Dasima. Adanya kasus ini, maka gegerlah penduduk Kota Batavia. Tak hanya menjadi perbincangan yang meluas dari mulut ke mulut, koran-koran yang terbit pada saat itu juga memuatnya.

Sejarawan Betawi, JJ Rizal, mengatakan, kisah atau cerita “Nyai Dasima” itu  merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi. Dan, mereka yang terlibat di dalam cerita ini juga bukan tokoh rekaan. Para pelakunya adalah benar-benar ada. Bahkan, masih bisa ditelusuri, yakni di sepanjang Sungai Ciliwung yang membentang dari Kampung Kwitang hingga Pejambon, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

‘’Kisahnya benar-benar terjadi. Arsip koran-koran Belanda yang terbit saat itu, yakni sekitar tahun 1811, memang menuliskan kasus pembunuhan itu. Rumah teman William konon kini menjadi kementerian luar negeri Pejambon. Dan, jembatan yang menjadi tempat tersangkutnya mayat Nyai Dasima setelah dibacok orang suruhan William, yakni Bang Puase, juga masih ada. Letak jembatan itu tak jauh dari gedung kementerian luar negeri dan kementerian agama sekarang,’’ kata Rizal.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA