Saturday, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 February 2019

Saturday, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 February 2019

Iluni UI dan Satu Peduli Apresiasi Veteran

Senin 07 Nov 2016 09:07 WIB

Red: M.Iqbal

Ketua Iluni UI Arief Budhy Hardono (kiri) dan Ketua DPD LVRI DKI Jakarta Adi Mulyo berfoto selepas serah terima piagam penghargaan di Markas DPD LVRI Jakarta, Sabtu (5/11)

Ketua Iluni UI Arief Budhy Hardono (kiri) dan Ketua DPD LVRI DKI Jakarta Adi Mulyo berfoto selepas serah terima piagam penghargaan di Markas DPD LVRI Jakarta, Sabtu (5/11)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Community Development Center Ikatan Alumni Universitas Indonesia dan Satu Peduli menyelenggarakan acara bertajuk Tanda Cinta untuk Pahlawan Indonesia di Markas Dewan Perwakilan Daerah Legiun Veteran Republik Indonesia DKI Jakarta di Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (5/11). Ketua Umum Iluni UI Arief Budhy Hardono menjelaskan kolaborasi ini bertujuan memberikan apresiasi kepada veteran yang telah berjasa besar kepada bangsa dan negara Indonesia.

Veteran-veteran yang hadir antara lain veteran Kemerdekaan, veteran Dwikora, dan veteran Seroja. Menurut Arief, penting bagi kita semua, untuk menangkap nilai-nilai yang ada dari veteran. 

"Yang merupakan tokoh bangsa untuk diteruskan kepada generasi berikut," ujarnya. Arief mengatakan, jelang peringatan hari pahlawan 10 November, sudah seyogianya seluruh warga bangsa tetap mengingat perjuangan dan hal-hal yang mereka lakukan.

Ketua Comdev Center Iluni UI Irvan Toreza menjelaskan, penyelenggaraan acara ini adalah salah satu bentuk apresiasi kepada para veteran. Dibandingkan kegiatan sosial lainnya, efek nyata bisa dirasakan langsung.

"Ini adalah bagian yg seing terlupakan oleh negara juga generasi muda," kata Irvan. Project Officer Tanda Cinta untuk Pahlawan Indonesia Nindya Wulandari menjelaskan, latar belakang penyelenggaraan acara adalah untuk memperingati hari pahlawan 10 November.

Ide untuk memberikan apresiasi kepada veteran hadir setelah dia melaksanakan observasi melalui laman resmi LVRI maupun bahan-bahan lainnya. "Kemudian kita kumpulkan relawan lain lalu menyelenggarakan acara ini," ujar Nindya.

Selain bantuan dari Iluni UI, apresiasi kepada veteran, menurut dia, juga hadir dari masyarakat umum melalui kitabisa.com. Pihak-pihak lain yang terlibat antara lain Makelar Sedekah dan Rumah Zakat. 

Salah seorang veteran, yaitu Kolonel Purn Supono, mengaku senang dengan perhatian yang diberikan Iluni UI dan Satu peduli. "Jadi saya sudah tahu bagaimana semangat dan sikap kalian terhadap veteran. Jarang generasi muda bersikap seperti ini," kata dia.

Supono pun menilai kedatangan Iluni UI dan Satu Peduli dapat mengubah image masyarakat umum terhadap veteran yang dinilai kumuh dan kerap menjual kalender. "Dengan Anda semua ke sini image ini berubah," ujarnya. 

Selain sambutan dari berbagai pihak, acara juga diisi pembacaan surat dari generasi muda kepada veteran. Dinyanyikan pula sejumlah lagu klasik.

Tak ketinggalan dilakukan pembacaan puisi oleh relawan Satu Peduli. Selepas acara dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para veteran. n

Sumber : Rilis Pers
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA