Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Dubes AS Minta Maaf Atas Insiden Panglima TNI

Ahad 22 Oct 2017 19:17 WIB

Rep: Marniati/ Red: Ani Nursalikah

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan

Foto: Yasin Habibi/ Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph Donovan menyampaikan permohonan maafnya atas penolakan terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk memasuki wilayah Amerika Serikat. Permohonan maaf itu disampaikan Donovan kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (22/10) dijelaskan Kedutaan Besar AS siap memfasilitasi perjalanan Jenderal Gatot ke Amerika Serikat.

"Kami tetap berkomitmen untuk kemitraan strategis dengan Indonesia sebagai cara untuk memberikan keamanan dan kemakmuran bagi bangsa dan masyarakat kita," tulis pernyataan Kedubes dalam siaran persnya.

Menurut Donovan, Kedutaan Besar telah berkomunikasi dengan staf Panglima TNI Gatot Nurmantyo untuk memfasilitasi perjalanan ke AS.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Staf Jenderal AS Joseph Dunford mengundang Panglima Jenderal TNI Angkatan Darat Gatot Nurmantyo untuk menghadiri Konferensi Pertahanan yang bertemakan "Countering Violent Extremism" yang diadakan pada 23-24 Oktober di Washington DC. Namun, Jenderal Gatot tidak dapat melakukan perjalanan sesuai rencana.

Gatot Nurmantyo ditolak masuk AS beberapa saat sebelum terbang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng. Pemberitahuan penolakan itu disampaikan maskapai Emirates atas permintaan otoritas keamanan dalam negeri AS.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA