Sabtu, 16 Rajab 1440 / 23 Maret 2019

Sabtu, 16 Rajab 1440 / 23 Maret 2019

Menpan-RB: Pimpinan Polri Harus Turun ke Lapangan

Senin 25 Jun 2018 17:22 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur

Foto: Republika/Edi Yusuf
Menpan-RB mengatakan, sebagai atasan jangan hanya memerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengajak seluruh pimpinan, termasuk pimpinan di lingkungan Kepolisian RI, untuk secara langsung terjun ke lapangan dalam menjalankan tugas. Hal tersebut dilakukan agar para pimpinan mengetahui kondisi dan dinamika yang terjadi di lapangan.

"Kapolda atau kapolres, sebagai atasan jangan hanya memerintah, namun juga harus secara langsung turun ke lapangan karena banyak yang luput dari perhatian kalau hanya sekadar menunggu laporan bawahan," ujar Asman melalui pesan tertulis, Senin (25/6).

Selain terjun ke lapangan, tegas Asman, pimpinan pun harus dapat mengedepankan pelayanan pada masyarakat. Sebab, saat ini bukan lagi zamannya mengedepankan kekuasaan. Sebagai aparatur negara, anggota kepolisan harus dapat memberikan pelayanan yang berkualitas. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menciptakan terobosan maupun inovasi di mana seorang polisi ditugaskan.

Dia mengakui, saat ini sudah banyak polres maupun polda yang telah berinovasi untuk meningkatkan pelayanan publik. Karena itu, dia pun mengajak pimpinan yang belum berinovasi untuk segera menciptakan inovasi. Banyak hal yang dapat dilakukan polres maupun polda yang ingin berinovasi. Salah satu cara yang paling mudah dan praktis adalah melakukan studi tiru ke unit kerja yang telah lebih dahulu memiliki inovasi.

"Yang dibutuhkan itu yang bisa dikembangkan menjadi inovasi,” ujar dia.

Asman mengingatkan agar para pimpinan maupun anggota kepolisian tidak terjebak dalam zona nyaman. Mereka harus keluar dari zona tersebut dan mencari tantangan baru.

Karena memang, jelas Asman, orang yang maju atau berhasil adalah orang yang mau mencari tantangan baru. Begitupun dengan pekerjaan sebagai aparatur negara yang dituntut tidak hanya datang ke kantor, tetapi harus mampu berinovasi guna perbaikan kualitas pelayanan publik.

Sebelumnya, Asman mengucapkan terima kasih atas keikhlasan dan pengorbanan ASN, TNI, dan Polri tetap bekerja melayani masyarakat pada Hari Raya Idul Fitri. Dia pun mendoakan semoga mereka mendapat balasan dari Allah SWT.

"Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada segenap aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri yang saat ini sedang bertugas melayani di tempat-tempat pelayanan umum," ujar Asman melalui siaran pers, Rabu (13/6).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA