Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Iluni UI Kumpulkan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

Selasa 31 Jul 2018 15:34 WIB

Red: Budi Raharjo

Foto kerusakan bangunan akibat gempa bumi di Desa Sajang, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7). Gempa bumi berkekuatan 6,4 pada skala richter Minggu (29/7) kemarin telah mengakibatkan korban 15 orang meninggal dunia, 162 orang luka-luka serta ratusan rumah rusak.

Foto kerusakan bangunan akibat gempa bumi di Desa Sajang, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7). Gempa bumi berkekuatan 6,4 pada skala richter Minggu (29/7) kemarin telah mengakibatkan korban 15 orang meninggal dunia, 162 orang luka-luka serta ratusan rumah rusak.

Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Anggota bisa memberikan bantuan berupa dana, tenaga maupun bentuk lainnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) menyampaikan duka cita mendalam terhadap masyarakat Kabupaten Lombok Timur dan sekitarnya yang sedang terkena musibah gempa bumi. Ketua Umum Iluni UI Arief Budhy Hardono mengatakan musibah ini adalah ujian kesabaran dari Tuhan kepada masyarakat Lombok yang selama ini dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan religius.

"Segenap pengurus dan anggota Iluni UI yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan dunia, menyampaikan duka cita yang amat dalam atas musibah dan ujian yang tengah menimpa saudara-saudara kita di Lombok, Nusa Tenggara Barat," ujar dia dalam  keterangan tertulisnya, Selasa (31/7).

Arief ikut merasakan ujian kesabaran ini. Karena itu, pengurus ILUNI UI dalam waktu dekat akan mengunjungi wilayah Lombok menemui masyarakat setempat yang sedang tertimpa musibah. "Kami akan memberikan bantuan apapun yang kami bisa berikan dan yang dibutuhkan masyarakat Lombok,” kata dia di Sekretariat Iluni UI Gedung Rektorat UI Kampus UI Salemba Jakarta.

Saat membuat pernyataan ini, Arief didampingi Sekjen Iluni UI Andre Rahadian, dan tiga orang Ketua Iluni UI yakni Eman Sulaeman Nasim, Andy Azisi Amin, dan Endang Mariani.
    
Andre menambahkan saat ini pengurus ILuni UI baik tingkat pusat, fakultas maupun wilayah, sedang melakukan konsolidasi untuk menghimpuan sumbangan dari para anggota. Anggota bisa memberikan bantuan berupa dana maupun tenaga dan lainnya. Diawali dengan assessment untuk menentukan bantuan yang tepat pada tahap pascabencana dan dilanjutkan dengan fase trauma healing.  
    
“Saat ini sudah banyak pengurus dan anggota Iluni UI lintas fakultas termasuk alumni kedokteran, kesehatan masyarakat dan psikologi dan juga lintas generasi yang siap memberikan bantuan," kata Andre.  

Rencananya, bantuan akan dikirim melalui Community Development Centre Iluni UI. Lembaga ini terbiasa menyalurkan dan memberikan bantuan kepada masyarakat korban bencana, sumbangan dari masyarakat pengurus dan alumni UI serta masyarakat umum lainnya.

"Inshaa Allah, bantuan dari pengurus dan anggota Iluni dapat meringankan penderitaan dan beban dari saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah termasuk untuk menghilangkan trauma pascabencana,” ucap Andre.
    

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA