Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Danone Aqua Terus Sebar Semangat Kebaikan Usai Asian Games

Kamis 20 Sep 2018 23:01 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Relawan #KontingenKebaikan saat berlangsungnya Asian Games 2018

Relawan #KontingenKebaikan saat berlangsungnya Asian Games 2018

Foto: Istimewa
Danone-Aqua memberikan apresiasi kepada mantan atlet yang beralih menjadi pelatih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesta olahraga Asian Games 2018 berakhir dengan manis dan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan tak hanya sukses menggelar event olahraga terbesar bangsa-bangsa Asia namun juga mampu menorehkan prestasi membanggakan. Kontingen Indonesia bertengger di posisi keempat klasemen akhir pengumpul medali terbanyak.

Upacara pembukaan dan penutupan yang spektakuler mendapat decak kagum serta menjadi buah bibir dunia internasional dan menjadi warisan (legacy) bagi penerus bangsa akan kehebatan Indonesia. Legacy kesuksesan dan prestasi Asian Games juga diwarnai dengan #KontingenKebaikan yang mengajak masyarakat Indonesia turut mengharumkan nama bangsa melalui aksi kebaikan.

Relawan #KontingenKebaikan turut membantu Indonesia menjadi tuan rumah yang baik Asian Games 2018 dengan melakukan aksi bersih-bersih dan memungut sampah plastik selama penyelenggaraan Asian Games berlangsung.

Direktur Komunikasi Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan Danone-Aqua sebagai sponsor resmi hidrasi sekaligus sponsor resmi kebaikan Asian Games 2018 berharap semangat Asian Games dapat terus menginspirasi bangsa Indonesia dengan mengusung nilai-nilai kebaikan yang ditanamkan melalui kontingen kebaikan sejak awal Juli lalu. Selama perhelatan Asian Games 2018, Danone-Aqua menyediakan lebih dari 3.000 kantong plastik sampah organik bersifat biodegradable yang terbuat dari singkong.

“Danone-Aqua bersama Komunitas Indorelawan dan karyawan melakukan aksi bersih sampah untuk memastikan tempat penyelenggaraan Asian Games 2018 bersih dan sehat. Sejak diluncurkan kampanye #KontingenKebaikan sejak akhir Juli lalu, Danone-Aqua berharap para relawan gerakan #KontingenKebaikan yang sukses membantu pelaksanaan Asian Games akan menjadi virus kebaikan yang akan menularkan kebaikan-kebaikan kepada masyarakat disekitarnya,” kata Jeffry Ricardo, Marketing Manager AQUA dalam rilisnya, Kamis (20/9).

Jeffry menjelaskan aksi kebaikan dimulai sejak berlangsungnya Pawai Obor Asian Games 2018 hingga perhelatan usai, ribuan relawan #KontingenKebaikan yang berasal dari Indorelawan serta berbagai komunitas di Yogyakarta, Bali, Palembang, Bogor dan Jakarta, telah berhasil mengumpulkan lebih dari 17 ton sampah plastik yang dibawa ke RBU yang dikelola oleh Danone-AQUA di Tangerang Selatan.

Sampah plastik yang terkumpul tersebut akan dijadikan cacahan plastik, untuk selanjutnya diolah kembali menjadi bahan baku produk baru lainnya seperti bantal, kaos, lapisan geotekstil, peralatan makan dan minum, tas belanja, boneka, dan lain sebagainya.

Jeffri menjelaskan bahwa berbagai pencapaian dari perjalanan kampanye gerakan #KontingenKebaikan ini merupakan hasil kolaborasi dengan banyak pihak, mulai dari INASGOC, mantan atlet dan pelatih, berbagai komunitas dan relawan di daerah dan di Jakarta, media, dan tentunya masyarakat Indonesia yang mendukung terselenggaranya acara Asian Games 2018 dengan baik.

“Ungkapan terima kasih kami sampaikan pada banyak pahlawan di balik layar yang membantu menjadikan ajang internasional ini berlangsung dengan sukses. Apresiasi yang diberikan dunia untuk Indonesia begitu luar biasa, dan kami bangga bisa menjadi bagian dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia. Kami berharap, kebaikan yang kami tebarkan selama ini dapat terus menginspirasi,” kata Jeffri.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti mengatakan, antusiasme relawan dan masyarakat di seputar venue terhadap gerakan #KontingenKebaikan ini besar sekali. Mereka tidak hanya mendukung dengan memberikan semangat kepada atlet, tetapi juga berkontribusi dengan menunjukkan bahwa Indonesia adalah tuan rumah terbaik di Asian Games 2018 ini.

"Jadi, bagi para relawan, mereka bukan sekadar hadir di Asian Games 2018, tetapi juga memberikan makna dan kesan dari kehadiran mereka," jelas dia.

Danone-Aqua juga memberikan apresiasi kepada mantan atlet yang kemudian beralih menjadi pelatih dari cabor panahan, tinju dan gulat, dan juga guru olahraga yang memotivasi anak didiknya untuk meraih prestasi di bidang Atletik. Dalam kampanye ini, Danone-Aqua juga melakukan aktivasi edukasi tentang pentingnya membuang sampah di tempat sampah dan memilah sampah plastik di stan-stan Danone-Aqua yang tersebar di Jakarta (GBK dan JIEXPO Kemayoran), Bogor (Stadium Pakan Sari), dan Palembang (Jakabaring).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA