Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Ekspedisi Khatulistiwa Dilepas

Ahad 01 Apr 2012 21:07 WIB

Rep: Muhammad Fakhruddin/ Red: Hafidz Muftisany

KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo

KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, LEMBANG -- Kepala Staf TNI-AD Jenderal TNI P. Edhie Wibowo menutup latihan Ekspedisi Khatulistiwa 2012. Prosesi penutupan latihan juga sekaligus melepas peserta ekspedisi ke Kalimantan.

Dalam kesempatan itu, Kasad menyematkan Bendera Merah Putih ke peserta ekspedisi. Sebagai simbol pemersatu dan kecintaan terhadap bangsa dan negara. "Di hutan harus ada yang mengibarkan bendera Merah Putih," kata Edhie Wibowo, Ahad (1/4).

Edhie juga mengecek kesiapan peserta ekspedisi serta juga mengecek perbekelan dan perlengkapan yang dibawa peserta ekspedisi.

Edhie berharap, hasil penelitian dan temuan tim ekspedisi nantinya merupakan hal yang baru dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Karena, kata Edhie, banyak sekali sumber daya alam, keanekargaman hayati, dan budaya di Kalimantan yang belum terungkap. "Bagaimana kita mencintai bangsa ini kalau kita tidak mengetahui bangsa kita?" tanya Edhie.

Hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat memberikan gambaran yang utuh tentang Indonesia. "Sehingga kita semakin bangga dengan Indonesia," kata Edhie.

Edhie meminta peserta ekspedisi agar mencatat semua temuan dan kegiatan penelitian selama ada di Kalimantan. "Menulis data harus berdasarkan fakta di lapangan," kata Edhie.

Tim ekspedisi akan diberangkatkan ke Pulau Kalimantan secara berangsur-angsur mulai 3-5 April 2012. Peserta Ekspedisi Khatulistiwa yang berasal dari unsur TNI, mahasiswa, dan peneliti akan melakukan penjelajahan dan penelitian di Kalimantan selama sekitar tiga setengah bulan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA