Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Mengapa Seseorang Bisa Jadi Homoseks atau Lesbian?

Selasa 04 Sep 2012 13:09 WIB

Rep: Hiru Muhammad/ Red: Endah Hapsari

Lesbian dan homo. (ilustrasi)

Lesbian dan homo. (ilustrasi)

Foto: www.insan-awam.blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, Pertanyaan itu terlontar dari seorang remaja saat acara seminar ''Penyimpanan Prilaku Seksual di Kalangan Remaja''. Narasumber, seksolog dr Boyke Dian Nugraha, memberikan jawabannya dengan gamblang.

Menurut Dr Boyke, homoseks dan lesbian bisa disebabkan oleh lingkungan keluarga atau pergaulan sekitarnya. ''Bisa diawali dari orang tua yang menghendaki anaknya laki-laki, ternyata yang diperoleh adalah wanita. Saat tumbuh sang bayi dibuat akrab dengan suasana laki-laki seperti pakaiannya, mainan dan sebaginya. Sehingga saat sudah dewasa, bocah perempuan tadi menjadi tomboy dan kemudian dapat terjerat jadi lesbi. Hal yang sama juga terjadi pada keluarga yang mengharapkan anak wanita, tapi justru mendapatkan anak lelaki,'' papar dokter bertubuh kurus tinggi ini.

Lebih lanjut Boyke menegaskan, kondisi lingkungan sekitar, seperti sekolah misalnya, juga memiliki andil yang besar. Sekolah yang hanya menerima murid laki-laki atau wanita saja akan mempengaruhi sikap anak didiknya terhadap lawan jenisnya. ''Karena mereka dalam proses berkembang, termasuk naluri seksualnya. Sehingga mereka harus bergaul dengan lawan jenis agar dapat tumbuh normal,'' ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA