Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Polda Papua Siaga Satu Jelang 1 Desember, Ada Apa?

Jumat 30 Nov 2012 11:46 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Bintang Kejora, bendera Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Bintang Kejora, bendera Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Foto: napiremkorwa.blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA--Polda Papua memberlakukan siaga satu menjelang 1 Desember 2012, guna mengantisipasi kegiatan kolompok pro kemerdekaan. Setiap 1 Desember, kelompok pro kemerdekaan melakukan berbagai kegiatan antara lain menaikan bendera "bintang kejora" dan ibadah syukur, kata Kabid Humas Polda Papua, AKBP Gede Sumerta kepada wartawan di Jayapura Jumat (30/11).

Ia mengaku, pihaknya memberlakukan siaga satu dengan kekuatan dua pertiga (2/3) anggota Polri yang bertugas di jajaran Polda Papua. Selain menyiagakan anggota juga telah meminta bantuan kepada TNI guna mendukung pengamanan yang telah dilakukan.

Ketika ditanya tentang situasi kamtibmas, AKBP Gede Sumerta mengaku, situasi kamtibmas relatif aman. Meski demikian pasukan tetap disiagakan termasuk brimob yang didatangkan dari Kelapa Dua Jakarta sebanyak satu satuan setingkat kompi (SSK)

Menurut dia, hingga saat ini belum ada permintaan untuk melakukan kegiatan saat tgl 1 Desember, namun jika hanya melakukan ibadah akan disetujui dengan dikawal anggota polri.

Namun jika ada yang tertangkap menaikkan bendera "bintang kejora" maka yang bersangkutan akan ditangkap dan diproses sesuai hukum yang berlaku, tegas AKBP Gede Sumerta.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA