Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Marzuki Kecewa Bantuan untuk Korban Banjir Belum Merata

Sabtu 19 Jan 2013 19:36 WIB

Red: Heri Ruslan

Marzuki Alie

Marzuki Alie

Foto: Antara/Yudhi Mahatma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Ketua DPR RI Marzuki Alie menyatakan semua pihak termasuk lembaga yang bertugas membantu korban banjir di DKI Jakarta harus sigap dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

Menurut Marzuki di sela peninjauan dan pemberian bantuan kepada korban banjir di Jakarta, Sabtu, belum semua korban banjir di Jakarta tersentuh bantuan.

"Kita memiliki semua perangkat untuk penanggulanan bencana, ada BNPB, ada Kementerian Sosial yang memiliki anggaran yang memadai untuk mengatasi bencana seperti bencana kebanjiran yang melanda Jakarta saat ini," ujarnya.

Namun, faktanya masih banyak wilayah banjir yang sama sekali belum tersentuh oleh bantuan, kata Marzuki saat menyambangi korban banjir di wilayah Kampung Sukamulya, Grogol, Jakarta Barat.

Marzuki Alie yang ditemani istrinya Asnawati yang juga anggota DPD RI dari Sumantera Selatan dan Sekretaris Jenderal DPR Nining Indra Saleh melihat kesulitan masyarakat korban banjir dalam menghadapi banjir.

"Kondisi banjir, udara dingin, listrik mati, air tidak ada, masyarakat korban banjir benar-benar susah. Bantuan pun belum merata," kata Marzuki.

Marzuki pun prihatin dengan kondisi ini dan mempertanyakan kemampuan lembaga-lembaga tersebut dalam mengatasi bencana karena yang terjadi di Jakarta saja penanganannya lambat, apalagi jika hal ini terjadi di daerah yang terpencil pula.

"Jakarta yang pusat segalanya, pemerintahan ada di sini termasuk BNPB dan Kementerian Sosial kesulitan menghadapi bencana banjir. Bagaimana kalau itu terjadi di daerah yang terpencil pula dan lebih dari sekedar banjir? Bagaimana kalau Jakarta menghadapi bencana yang lebih besar?" ujar politikus senior Partai Demokrat ini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA