Thursday, 17 Syawwal 1440 / 20 June 2019

Thursday, 17 Syawwal 1440 / 20 June 2019

Pertamina dan TNI AD Tanam 20 Juta Pohon di Seluruh Indonesia

Kamis 21 Nov 2013 13:36 WIB

Rep: Niken Paramita Wulandari / Red: Heri Ruslan

Pertamina

Pertamina

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Pertamina kembali melakukan aksi penanaman pohon. Kali ini sebanyak 20 juta pohon ditanam serentak di 13 titik di seluruh Indonesia yang bekerja sama dengan TNI AD.

Ke-13 wilayah itu adalah  Deli Serdang, Kerinci, Garut, Temenggung, Bojonegoro, Tj. Selor, Mamuju, Karangasem, Sintang, Namlea, Tangerang, Aceh Besar dan terakhir berpusat di Manokwari.

Di Tangerang, penanaman dilakukan di dua titik, di desa Solear dan Cikuya. Dengan total seluas 11 hektare untuk wilayah Tangerang.

"Kegiatan ini sebagai follow up dari kebijakan pemerintah 1 miliar pohon," kata Pangdam Jaya Mayjen TNI E Hudawi Lubis, di sela acara penanaman di Tangerang, Kamis (21/11).

Penanaman 20 juta pohon juga menurut General Manager Marketing Operation Region III (MOR III), Afandi, sebagai bagian dari rencana penanaman 100 juta pohon Pertamina yang ditargetkan  selesai pada 2015 mendatang.

"Kita sudah tanam di Unpad dan Garut, kita akan tanam lagi di sekitar wilayah sini (Tangerang) dan Jawa Barat. 10 ribu pohon lagi," katanya.

Penanaman dipilih pada lahan terbuka dengan menggandeng pemilik lahan dan masyarakat setempat. Setiap pohon yang ditanam dikelola dan dirawat masyarakat dengan sistem bagi hasil setelah panen. Karena itu jenis tanaman yang dipilih pun disesuaikan dengan keinginan masyarakat.

"Ada sengon, japon. Tergantung kebutuhan," katanya. 

"Kita ingin memberikan kontribusi riil kepada lingkungan sekitar daerah operasi kami. Kami percaya Pertamina tak akan tumbuh tanpa bantuan lingkungan," tambahnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA