Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Restoran Asing Ikut Ajukan Sertifikasi Halal

Kamis 05 Dec 2013 16:56 WIB

Rep: MG30/ Red: Dewi Mardiani

Halal (ilustrasi)

Halal (ilustrasi)

Foto: mui.or.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah Solaria resmi mendapat sersertifikasi halal dari MUI, beberapa restoran juga telah berupaya melakukan hal serupa. Salah satunya Burger King

"Sejak dua bulan lalu, kami sudah mengajukan sertifikasi ke MUI. Masih dalam proses," ungkap Abigail, operasional dari Burger King di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Kamis (5/12).

Selama proses sertifikasi, Abigail mengaku kendala yang dihadapi adalah meyakini produk awal yang diproduksi. Untuk benar-benar meyakini produk tersebut halal atau tidak, pihaknya harus melakukan inspeksi ke pabrik. Untuk sosialisasi unsur packing dari supplier, menurut Abigail, pihak pusatlah yang menilai apakah sudah memenuhi kategori atau belum.

Dengan tidak adanya sertifikat, Abigail mengaku tidak merasa khawatir akan kehilangannya pengunjung. Menurutnya, selama ini Burger King bertahan karena merek yang sudah dikenal.

Serupa dengan Burger King. Restoran Thai Xtreme, yang juga berada di Mall di kawasan Jakarta Selatan, masih belum memiliki sertifikasi halal. Hal ini diakui langsung oleh Sarah, HRD dari restoran tersebut. Sarah mengatakan, Thai Xtreme akan mengupayakan sertifikasi halal.

Menurutnya, sejak berdiri 10 tahun yang lalu,  restoran ini tidak ada yang permasalahkan kehalalannya. Di setiap menu makanan, restoran yang berada di lantai dua Citos ini selalu mencantum komposisi bahan makanan yang disajikan. Sarah mengatakan, hal ini yang bisa membuat restoran itu bertahan karena bisa menjamin kehalalannya.

Berbeda dengan Thai Xtreme dan Burger King, Delifrance, sebuah restoran bernuansa Perancis mengaku sudah memiliki sertifikat halal dari MUI sejak restoran tersebut didirikan pada 2008. Manager Delifrance, Ganda, mengatakan, sejak berdiri, restoran ini telah memiliki sertifikat halal dari MUI. ‘’Saya bisa memastikan, di sini tidak menjual daging babi,’’ ujar Ganda.

Menurutnya, Sertifikat halal dari MUI untuk restoran Delifrance, ada di kantor pusat. Ganda mengatakan, dari sekian banyak pengunjung, hanya 0,01 persen yang menanyakan adanya sertifikat dari MUI tersebut. "Siapa saja yang menanyakan, kami siap menunjukkan sertifikatnya," aku Ganda.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA