Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Penyelenggaraan Haji 2013 Meningkat

Rabu 29 Jan 2014 23:45 WIB

Rep: Hafidz Muftisany/ Red: Karta Raharja Ucu

Jamaah haji setelah melakukan lempar jumrah di Mina

Jamaah haji setelah melakukan lempar jumrah di Mina

Foto: AFP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secara umum, Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) melihat ada beberapa aspek kemajuan dalam pelaksanaan haji pada 2013.

Ketua KPHI, KH Slamet Effendi Yusuf menyatakan di luar permasalahan pemotongan kuota 20 persen, Kementerian Agama cukup baik menyelenggarakan ibadah haji. "Pada prosesnya pelayanan cukup baik," katanya saat dihubungi ROL, Rabu (29/1).

Slamet tidak memperinci sektor mana yang lebih baik. Ketua PB Nahdatul Ulama ini hanya menyebut pelayanan seperti transportasi, konsumsi dan akomodasi lebih baik.

Ia menyarankan di masa depan, jarak pemondokan tak lagi dipermasalahkan. Baik dekat ataupun jauh, ujar Slamet, yang terpenting adalah transportasi dan akomodasi lancar.

"Dekat tapi akomodasi dan jalan kaki dua kilometer juga menyusahkan. Jauh kalau ada transportasi tak masalah," ungkapnya.

Saat ditanya catatan evaluasi penyelenggaraan haji tahun lalu, Slamet berkilah KPHI harus melaporkan terlebih dahulu ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pihaknya baru mengirim surat untuk bertemu dan menyampaikan detail evaluasi penyelenggaraan haji 2013. "Kita belum bisa mempublikasikan, ucap Slamet seraya menyatakan harus ada langkah-langkah perbaikan di masa mendatang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA