Sunday, 18 Zulqaidah 1440 / 21 July 2019

Sunday, 18 Zulqaidah 1440 / 21 July 2019

Warga Pesisir di Pangkalpinang Berburu Udang Lobster

Ahad 09 Feb 2014 22:45 WIB

Red: Julkifli Marbun

Lobster raksasa

Lobster raksasa "Rocky' dari Maine, Amerika Serikat.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Warga pesisir di kawasan Sungai Rangkui, Kota Pangkalpinang memanfaatkan air laut yang surut untuk berburu udang lobster.

Seperti yang terlihat Minggu, ratusan warga berlomba-lomba menangkap udang, ikan, dan kepitig di sungai yang airnya menyusut itu.

"Biasanya sungai tempat bersandar kapal nelayan ini dipenuhi air, tetapi sejak musim kemarau air laut surut dan warga berlomba-lomba menangkap udang, ikan dan kepiting," kata Dodi, seorang nelayan di Pangkalpinang.

Ia mengatakan, sejak air surut banyak warga yang berusaha mendapatkan udang besar di sungai itu karena tidak terlalu sulit untuk menangkapnya.

"Warga sekitar banyak yang berusaha menangkap udang besar menggunakan jaring, jala dan lainnya," ujarnya.

Menurut dia, kekeringan serupa terjadi dua kali dalam sebulan terkait pasang surut laut dan juga cuaca mulai memasuki musim kemarau.

Begitu juga halnya dengan Putra, seorang warga Pangkalpinang yang ikut menangkap udang karena air yang surut di sekitar pelabuhan kapal nelayan itu.

Menurut dia, air sungai akan kembali normal setelah empat hari kemudian dan dia memanfaatkan sir surut untuk mencari udang besar untuk dinikmati bersama keluarga.

"Saat ini waktu yang tepat untuk menangkap udang-udang ini karena air sungai sedang surut," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA