Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Ada Kilat di Gunung Kelud, BNPB Sebut Bukan Erupsi

Senin 17 Feb 2014 19:52 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Joko Sadewo

Kilat di Gunung Kelud

Kilat di Gunung Kelud

Foto: m.kabar24.com

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Kilat petir terlihat di langit sekitar Gunung Kelud pada Senin (17/2) sore. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut kilat tersebut bukan karena erupsi Gunung Kelud.

"Kilat yang terjadi bukan karena erupsi Gunung Kelud tetapi kilat yang dihasilkan awan-awan Cumulonimbus (Cb) di sebelah barat Gunung Kelud," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Senin (17/2).

Kilat di sekitar Gunung Kelud terlihat dari Kediri, Blitar, dan Malang. Hal itu membuat masyarakat resah karena menduga Gunung Kelud akan atau sedang erupsi seperti kejadian Kamis (13/2) malam. "Berdasarkan pantauan Satelit MTSAT terlihat satu sel awan Cumulonimbus," ungkapnya.

Pada pukul 18.30 WIB, di puncak gunung terjadi hujan lebat. Pengamatan stasiun PVMBG di Gunung Kelud juga tidak memonitor adanya peningkatan aktivitas vulkanik. Hanya ada tremor menerus 3 mm seperti hari kemarin.

Dengan kondisi tersebut, BNPB menghimbau masyarakat tetap tenang. Namun, masyarakat diminta menghindari aktivitas di sekitar bantaran sungai yang berhulu di Gunung Kelud. "Jangan terpengaruh isu-isu yang menyesatkan," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA